7 Cara Bertahan Saat Kehilangan Pekerjaan

Gemintang.com – Adakah Sobat Gemintang yang baru saja dikeluarkan dari kantor? Sedih? Pasti! Terkadang perusahaan mengeluarkan pegawainya dengan berbagai alasan seperti perampingan, reorganisasi, sweeping pegawai, PHK, atau apapun itu, intinya kamu dipecat dan itu berarti dirimu telah kehilangan pekerjaan.

Pasti menyakitkan saat pertama kali kamu harus mendengar berita tersebut kemudian mengemasi barang-barang dan pergi keluar meninggalkan perusahaan yang telah lama kamu abdi. Kehilangan pekerjaan memang menyedihkan. Tapi ingat ya, Sobat,  jangan sampai hal tersebut membuat kamu terus-terusan meratapi nasib. Jangan terlalu diambil pusing, deh. Lebih baik ulasan yang ada di artikel ini.

1. Mencoba untuk tetap tenang

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah kehilangan pekerjaan adalah mencoba untuk tetap tenang. Kehilangan pekerjaan bisa jadi momen terburuk yang bisa membuatmu terpuruk. Sulit memang mengatur emosi dan perasaan sedih saat itu, tapi cobalah untuk tetap tenang. Lama kelamaan kamu pasti bisa menerima kenyataan.

2. Adaptasi dengan keadaan

Setelah melalui fase-fase emosi yang campur aduk, kamu harus mulai beradaptasi dengan keadaan. Terimalah fakta bahwa mungkin kamu dikeluarkan karena faktor dari dirimu sendiri atau memang karena keadaan yang menghendakinya. Jangan melulu menyalahkan orang lain atas suatu hal yang terjadi padamu.

 3. ‘Membersihkan diri’

Maksud dari membersihkan diri disini adalah membuang hal-hal buruk yang sekiranya dulu sering kamu lakukan di tempat kerja. Misalnya, kebiasaan datang telat, tidak memenuhi dateline dan kerja secara serampangan. Pastikan kamu telah membuang kebiasaan buruk tersebut dan bersiap untuk mencari pekerjaan baru.

4. Anggaplah sebagai kesempatan menemukan sesuatu yang lebih baik

Ingat Sobat, dikeluarkan dari pekerjaan bukan akhir dari segalanya, loh! Jadi, jangan terlalu terpukul dan putus asa. Semangat! Bisa jadi ini adalah jalan yang diberikan Tuhan supaya kamu bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Siapa yang tahu, kan?

5. Cari yang baru!

Daripada buang-buang waktu untuk meratapi nasib akan lebih baik jika kamu menggunakan waktu yang kamu punya untuk mencari pekerjaan baru yang pastinya lebih baik dari tempat kerjamu sebelumnya. Memang tidak mudah mendapatkan pekerjaan saat ini, tapi itu bukan alasan untuk kamu menyerah dan putus asa, ya!

foto: imgarcade.com

(tut/rut)

Related Posts