7 Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Gemintang.com – Sukses bisa diraih siapa saja, termasuk mereka yang sehari-harinya sibuk mengurus pekerjaan rumah. Meskipun berstatus sebagai ibu rumah tangga, bukan berarti mereka tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan, loh.

Para ibu rumah tangga juga bisa membuktikan bahwa diri mereka mampu bertanggung jawab pada urusan rumah dan perkara mencari nafkah. Usaha sampingan apa saja sih yang bisa mereka geluti?

1. Membuka usaha katering

Bagi para ibu rumah tangga, memasak mungkin jadi rutinitas mereka sehari-hari. Namun, keahlian memasak bisa saja dikembangkan dalam dunia bisnis dengan membuka usaha katering. Tidak harus langsung dalam jumlah besar, usaha katering yang dirintis bisa dimulai dari melayani pesanan untuk acara-acara yang berskala kecil seperti ulang tahun atau arisan keluarga.

2. Menyediakan jasa laundry

Selain memasak, urusan cuci-mencuci juga jadi salah satu keahlian para ibu rumah tangga. Tapi ketika semakin banyak ibu yang bekerja hingga sulitnya mencari asisten rumah tangga, perkara mencuci seringkali jadi terbengkalai. Nah, tidak ada salahnya memanfaatkan peluang ini dengan melayani jasa laundry di rumah.

3. Membuka jasa les privat

Banyak ibu rumah tangga yang sebenarnya punya latar belakang pendidikan yang tinggi. Bisa jadi mereka merupakan lulusan universitas dengan gelar sarjana. Maka, akan sangat berguna jika ilmu yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk orang lain. Memberikan les privat di rumah bisa jadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan.

4. Melayani jasa penerjemahan

Bagi para ibu rumah tangga yang punya keahlian berbahasa asing, membuka usaha di bidang penerjemahan tentu akan sangat menjanjikan. Pasalnya, profesi sebagai seorang penerjemah sangat mungkin dilakoni di rumah sehingga urusan keluarga dan pekerjaan rumah pun tidak akan terganggu.

5. Jadi penulis paruh waktu

Bekerja sebagai penulis konten paruh waktu juga sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Cukup bermodal komputer dan koneksi internet, ibu rumah tangga bisa bekerja atau menulis dari rumah. Tulisan-tulisan dengan topik-topik ringan seperti resep masakan atau tips dalam kehidupan sehari-hari biasanya banyak diminati pembaca.

6. Membuka toko online

Kemajuan teknologi kini memudahkan para ibu rumah tangga untuk menjalankan bisnisnya. Berbagai jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter bisa jadi sarana menjual berbagai macam produk. Mulai dari alat kecantikan hingga makanan bisa didistribusikan lewat cara ini sehingga ibu rumah tangga tak perlu keluar rumah untuk berjualan.

7. Melayani jasa make-up

Keahlian memoles wajah tentu banyak dimiliki wanita, termasuk para ibu rumah tangga. Tidak ada salahnya memanfaatkan keahlian ini untuk mendapat penghasilan tambahan demi memenuhi kebutuhan keluarga. Melayani jasa make-up untuk acara-acara memorial bisa jadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Jadi, tak perlu lagi mengeluh bahwa menjadi ibu rumah tangga membuatmu tak bisa produktif berkarya. Justru menjadi seorang ibu rumah tangga memungkinkanmu melakukan berbagai profesi yang tak hanya menghasilkan uang, tapi juga praktis dilakukan.

foto: sheknows.com

(nab/rut)

7 Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga silky

Review

7 Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Summary: 7 Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts