Mengenal Budaya Gugur Gunung Asal Tanah Jawa

Gemintang.com – Kesetiakawanan sosial dalam sebuah masyarakat sangat diperlukan, sebab hal tersebut mampu mengatasi seluruh problem sosial yang ada. Namun sayangnya, di kota-kota besar saat ini nilai tersebut sudah sangat jarang ditemui. Padahal, tindakan kesetiakawanan sosial seperti gotong royong mampu menumbuhkan kohesi dan integrasi sosial.

Di pulau Jawa, istilah kegiatan gotong royong sering disebut dengan gugur gunung. Gugur gunung adalah sebuah idiom yang menggambarkan aktivitas dalam suatu masyarakat yang saling berhubungan dan saling membantu dalam mewujudkan sebuah pekerjaan yang berguna untuk umum atau orang banyak. Melalui hal ini, banyak nilai moral yang dapat dipelajari.

Biasanya gugur gunung dilakukan saat hari Minggu, hari libur, atau menjelang hari raya dan hari peringatan kemerdekaan. Membersihkan selokan atau parit, membuat jalan setapak, membangun pos kamling, hingga membuat jembatan merupakan serangkaian kegiatan yang masyarakat Jawa sebut sebagai gugur gunung. Umumnya, gugur gunung dilakukan secara berkelompok, misalnya satu kampung atau satu desa.

Kegiatan yang sifatnya sederhana ini jelas memiliki nilai-nilai positif yang bisa dijadikan pelajaran. Gugur gunung mengajarkan kita bahwa kebersamaan dan kekeluargaan adalah hal penting yang harus selalu dijaga. Ibaratnya, pekerjaan sebesar gunung sekalipun bisa diselesaikan atau gugur jika kita mau bekerja bersama-sama.

Gugur gunung mengajarkan kita untuk mengerti makna ikhlas. Pasalnya, mereka yang mengikuti kegiatan ini jelas tak mengharapkan imbalan. Kemauan semata-mata hanya didasari rasa ikhlas dan kepedulian. Kita pun akan tersadar bahwa uang tak selamanya jadi yang utama.

Selain itu, kita juga belajar tentang bagaimana memunyai sikap dan sifat yang mau berkorban. Kita mengerti bahwa bagaimana pun kepentingan umum haruslah didahulukan daripada kepentingan pribadi. Meski harus mengorbakan waktu, tenaga, hingga mungkin harta pribadi, hal itu tak akan jadi hambatan asalkan yang kita lakukan demi sebuah rasa kemanusiaan.

Kegiatan ini pun membuat kita menyadari betapa sebagai manusia kita punya kewajiban untuk bertanggung jawab pada lingkungan tempat tinggal. Perkara kebersihan, ketertiban, dan keamanan tentu harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Sebagai masyarakat asli Indonesia, kearifan lokal semacam ini jelas perlu dilestarikan. Jangan sampai nilai-nilai budaya yang luhur harus luntur, dilupakan dan tergerus zaman. Yuk lestarikan budaya baik seperti ini apapun suku, budaya dan adat-istiadatmu, Sobat.

foto: gugur gunung/wargobanaran.blogspot.com

(nab/rut)

Mengenal Budaya Gugur Gunung Asal Tanah Jawa silky

Review

Mengenal Budaya Gugur Gunung Asal Tanah Jawa

Summary: Mengenal Budaya Gugur Gunung Asal Tanah Jawa

5

Good

User Rating: 4.5 (2 votes)

Related Posts