Anak Sulit Tidur? Coba Ajak dengan Cara Ini

Gemintang.com – Banyaknya aktivitas yang dilakukan anak dalam sehari tentu bisa mempengaruhi jam tidur mereka. Biasanya jika jam tidur sudah terganggu, jadwal istirahat sang buah hati jadi terganggu dan hal ini tentu membuat para orangtua terkasih kerepotan. Jika sang buah hatimu sudah menunjukkan gelagat untuk tidak mau tidur, coba ajak dengan cara ini Sobat Gemintang.

1. Membuat peraturan jam tidur

Saat anak sulit diajak tidur, cobalah buat peraturan jam tidur untuk mereka. Dengan adanya peraturan seperti ini anak akan tahu bahwa mereka mempunyai waktu untuk mengistirahatkan tubuhnya. Maka ketika si anak tiba-tiba sulit diajak tidur, kamu bisa kembali mengingatkannya tentang peraturan tersebut.

2. Membacakan cerita dan menyanyikan lagu tidur

Hal sederhana yang manjur membuat anak terlelap di malam hari adalah membacakannya cerita dan menyanyikan lagu tidur. Pilihlah cerita-cerita anak yang ringan dan lagu-lagu bertempo lambat. Cara ini lebih menarik ketimbang membuat anak sibuk dengan mainannya sebelum tidur.

3. Menyiapkan minuman hangat

Kandungan tryptophan dalam susu dapat membuat anak tidur dengan rileks. Maka dari itu, siapkan susu hangat untuk diminum oleh si buah hati sebelum tidur. Hindari minum-minuman yang mengandung kafein yang dapat membuat jantung anak siap untuk bekerja.

4. Mengajaknya ngobrol

Waktu menjelang tidur juga bisa menjadi quality time antara orangtua dan anak. Karena itu, manfaatkan waktu ini untuk menjalin obrolan dua arah tentang aktivitas apa saja yang tadi mereka lakukan. Namun ingat, jangan sampai obrolan kalian menyita jadwal tidur yang seharusnya dipatuhi.

5. Matikan lampu dan alat-alat elektronik

Mematikan lampu saat anak akan tidur bukan hanya membuat mata menjadi lebih cepat terpejam, hal ini juga akan membuat si anak tahu bahwa saat lampu masih belum menyala itu tandanya ia masih harus beristirahat. Jika anak takut dengan kegelapan, coba ganti lampu kamar dengan cahaya yang lebih redup. Matikan alat-alat elektronik yang ada di kamar dan jangan biarkan anak mengakses benda-benda tersebut saat jam tidur berlangsung.

6. Kontak fisik

Kontak fisik sangat efektif mempercepat si anak tertidur. Kontak fisik yang bisa dilakukan sebelum tidur seperti pelukan, elusan di kepala atau ciuman di kening akan membuat mereka nyaman dan cepat memejamkan matanya.

foto: huffingtonpost.com

(tut/rut)

Related Posts