Saat Sulit Menentukan Pilihan

Gemintang.com – Adakalanya dalam hidup ini kita diperhadapkan pada sebuah pilihan, entah itu pilihan yang mudah ataupun sulit. Dilema saat menentukan pilihan memang terkadang menyebalkan. Selain memerlukan waktu untuk mengambil keputusan yang tepat, kita pun perlu memikirkan pengaruh apa saja yang akan muncul atas setiap keputusan yang diambil. Lalu apa yang harus dilakukan saat dirimu kesulitan menuntukan pilihan?

1. Terimalah fakta bahwa tidak semuanya bisa kamu pilih

Saat dirimu diperhadapkan dengan berbagai pilihan, pahami terlebih dahulu bahwa dalam hidup ini tidak semuanya bisa kamu pilih. Jangan pernah berpikir untuk bisa mendapatkan semuanya.

2. Percaya pada intuisi dan kata hati

Percayalah pada intuisi dan kata hatimu. Jangan terpengaruh dengan omongan-omongan orang sekitar. Mungkin jika sekedar mendengarkan masukan-masukan baik dari mereka, tidak masalah. Tapi ingat, kamu harus tetap mendengarkan kata hati dan yakin pada intuisi yang berdiam di dalam dirimu.

3. Doa

Setelah poin-poin diatas telah kamu lakukan, maka ini waktunya menyerahkan pilihanmu dalam doa kepada Yang Maha Kuasa. Mungkin terlihat sepele, namun sesungguhnya langkah ini akan memudahkanmu dalam mengambil keputusan atau pilihan yang ada.

4. Setelah menentukan niat, segera ambil keputusan

Setelah melewati proses pemikiran dan pematangan niat, segeralah ambil keputusan. Jangan lagi menimbang-nimbang keputusan yang ada karena hal itu justru akan membuatmu dirasuki perasaan ragu kembali.

5. Jika salah ambil keputusan…

Tidak selamanya keputusan yang kamu ambil bisa berjalan sesuai dengan apa yang kamu mau, Sobat. Jika hal ini terjadi pada dirimu, anggaplah kesalahan tersebut sebagai sebuah pembelajaran di masa yang akan datang. Jangan terlalu larut dalam penyesalan.

foto: theemotionmachine.com

(ldy/rut)

Related Posts