Benteng Van der Wijk, Wisata Liburan Penuh Sejarah

Benteng-Van-Der-Wijk

Gemintang.com – Hendak mengunjungi provinsi Jawa Tengah untuk yang pertama kalinya? Jika ya, mampirlah ke tempat wisata yang terletak di 35 km sebelah barat kabupaten Kebumen, yaitu Benteng Van der Wijk. Benteng yang didominasi dengan cat warna merah ini merupakan peninggalan sejarah pada masa Hindia-Belanda.

Selain wisata alamnya, Benteng Van der Wijk merupakan wisata sejarah andalan kota Kebumen. Tidak hanya pengunjung dari pulau Jawa, wisatawan dari berbagai pulau lainnya hingga mancanegara sering mampir ke sini.

Saat memasuki pelatarannya, tulisan “AKU DI BANGUN TAHUN 1818” sontak menjadi sambutan pemandangan yang akan kamu dapat. Ya, benteng dengan luas 3606.625 m2 ini seakan hendak memperkenalkan dirinya kepada para wisatawan melalui papan bertuliskan kalimat tersebut.

Benteng-Van-Der-Wijk-1

Kamu yang datang dengan kendaraan pribadi tak perlu khawatir soal parkir, sebab lahan parkir yang mengelilingi Benteng Van der Wijk cukup luas. Parkir motor dan mobil akan dikenakan Rp 2.000 s.d Rp 3.000. Namun saat hari libur dan hari-hari besar, harga parkir bisa naik menjadi Rp 3.000 s.d Rp 5.000. Selanjutnya, antrilah di loket masuk karena kamu terlebih dulu diharuskan membayar tiket sebesar Rp 6.000.

Ada berbagai macam arena permainan yang dikhususkan untuk anak-anak seperti kereta keliling, kolam renang, taman bermain, seluncur naga dan juga bola air. Sedangkan untuk pengunjung dewasa, selain bisa mendampingi anak-anak, terdapat juga perahu bebek dan arena bersantai yang dapat kamu nikmati selama berwisata di tempat ini.

Selain itu terdapat pula hotel bagi Sobat Gemintang yang ingin menginap. Biaya yang dikenakan yakni mulai dari Rp 150.000 s.d Rp 200.000. Saat pertama memasuki kawasan wisata Benteng Van der Wijk, jangan menyangka bahwa tempat ini hanya taman TK karena terdapat banyak ayunan kecil dimana-mana. Ini belum apa-apa, loh!

Benteng-Van-Der-Wijk-2

Yup, di sinilah puncak dari wisata Benteng Van der Wijk. Berjalan lurus sekitar 100 meter dari pintu masuk, kamu akan menemukan bangunan besar dan tinggi yang pada bagian depannya terdapat dua buah teng baja besar beserta patung layaknya sebuah adegan siap berperang.

Dengan temboknya berwarna merah bata, tampilan Benteng Van der Wijk sungguh membuat pengunjung makin penasaran, ada pemandangan seperti apa di dalam? Saat kamu memasuki benteng tersebut, kamu akan menemukan sebuah ruangan yang di dalamnya tersimpan foto-foto sebelum benteng ini direnovasi. Sejujurnya, bila dilihat dari kondisi dan tampilan bangunan, Benteng Van der Wijk memang sedikit seram, sih.

Walaupun terdiri dari dua tingkat gedung, tak banyak pengunjung yang naik ke atap lantai dua padahal di sana terdapat pemandangan yang jauh lebih menarik. Selain ada kereta atap yang bisa membawa kamu berputar mengelilingi bangunan, pemandangan dari atas benteng sesungguhnya sangat menakjubkan!

Oke Sobat, jadi suda rencanakan liburan kali ini ke Benteng Van der Wijk? Lokasinya cukup mudah, kok. Sekitar 14 KM dari pasar Karanganyar, Jawa Tengah. Kamu hanya perlu berkendara lurus ke arah Kecamatan Sumpiuh sampai dengan menemukan petunjuk jalan besar, arah menuju wisata Benteng Van der Wijk.

Selamat berlibur!

foto: telusurindonesia.com

(mir/rut)

Related Posts