Cara Menghadapi Si “Muka Dua” di Tempat Kerja

Muka-Dua

Gemintang.com – Karakter setiap individu pastinya berbeda satu sama lain dan begitu juga karakter seseorang dalam dunia kerja. Salah satu karakter yang bisa membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman adalah seseorang yang sering disebut sebagai si “penjilat”.

Selain membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman, tingkah laku si “muka dua” seringkali menyulut amarah. Nah, saat kamu diperhadapkan dengan orang-orang seperti itu, jangan lekas gusar, yuk coba atasi dengan cara-cara berikut ini.

1. Bersikap apa adanya

Jangan terpengaruh dengan rekan kerja yang gemar mengadu domba. Tak dapat dipungkiri, rekan kerja seperti itu memang membuat semangat kerjamu mengendur. Tapi cobalah untuk mempertahankan konsenterasimu pada pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Yang terpenting, bersikaplah apa adanya dan pasang mimik wajah yang bersahabat ketika bertemu dengannya.

2. Tidak terpengaruh

Hiraukan saja rekan kerja yang gemar “menjilat” karena ketika kamu menanggapi ulah mereka, tidak akan ada ujungnya. Lebih baik kamu tetap bersikap tenang dan tidak terpengaruh dengan ulahnya. Setidaknya pekerjaanmu jadi jauh lebih lancar dan dia akan kebakaran jenggot melihatmu tidak terpengaruh dan justru tetap tenang.

3. Tetap bersosialisasi

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan tetap menjaga hubunganmu dengan rekan “bermuka-dua” tersebut. Biarkan dia berpendapat kalau kita ternyata bisa bekerjasama dengan dia meskipun perilakunya tidak baik terhadapmu.

4. Menjaga jarak

Ketika kamu merasa tidak bisa untuk mencoba tetap profesional dengan rekan kerja seperti itu, cobalah untuk menjaga jarak dengan mereka. Usahakan untuk tidak membicarakan hal-hal pribadi dengan mereka dan hanya membicarakan perihal pekerjaan. Tindakan ini bisa kamu ambil agar teman kerja kamu tersebut tidak memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menjatuhkanmu.

(ldy/rut)

Related Posts