Wisata Pilihan untuk Berlibur dan Belajar

Photo by tripadvisor.com

Gemintang.com – Banyak pilihan wisata yang ditawarkan ketika hari libur tiba, salah satu diantaranya sebuah tempat wisata yang tidak hanya menghibur tapi juga mendidik. Di era yang sarat dengan teknologi memicu orang untuk bisa mengeksplor segala hal yang bersifat teknologi dengan cara menyenangkan. Oleh karena itu ada beberapa tempat wisata IPTEK di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan. Tempat wisata tersebut diantaranya: 

  • PP-IPTEK TMII

Tempat wisata PP-IPTEK TMII adalah science center pertama di Indonesia. PP-IPTEK ini dibangun di atas lahan 42.300 km2 dan diresmikan pada tanggal 20 Aprl 1991 di Jakarta. Alat peraga yang bisa dicoba di tempat wisata ini berjumlah 250 buah. Alat peraganya ditujukan untuk segala usia. Beberapa alat peraga tersebut adalah Sepeda Layang, Roket Air, Try Science, Generator Van de Graft, dan Simulator Gempa. Fasilitas lainnya yang bisa dinikmati adalah kumpulan film ilmiah untuk 130 orang di ruang auditorium.

  • Puspa IPTEK Bandung

Bandung juga memiliki wisata IPTEK yang dinamakan Puspa IPTEK yang terletak di Kota Baru Parahyangan. Tempat wisata ini pernah mendapat rekor MURI sebagai sebuah tempat wisata yang memiliki pola Sundial, jam matahari. Alat peraga yang bisa dicoba dan difungsikan antara lain Bola Melayang, Kursi Paku, Sepeda Gantung, dan alat peraga lainnya. Fasilitas lain yang dimiliki adalah komputer dengan layar sentuh yang bisa digunakan untuk mengetahui fitur alat peraga atau sains yang ada di Puspa IPTEK.

  • Jawa Timur Park Science Center

Objek wisata yang menggabungkan konsep belibur sambil belajar berikutnya adalah Jawa Timur Park Science Center. Taman wisata yang satu ini dibangun di atas lahan seluas 22 hektar. Diresmikan tanggal 2 Maret 2002, taman wisata ini tidak hanya memiliki wisata beredukasi teknologi seperti Science Park, Agro Park, Reptil Park, Miniatur Candi, Baby Zoo dan wisata lainnya, tapi kita juga bisa memperluas wawasan dengan beberapa alat peraga. Alat peraga yang bisa dipelajari adalah Lorong 1000 Bayangan, Kulltur Jaringan, Aneka Model “Organ tubuh manusia”, Bola Plasma, dan Bola Bernaulli.

  • Yogyakarta Science Park

Yogyakarta yang memang dikenal sebagai kota pendidikan dan wisata memiliki wisata IPTEK andalannya, yaitu Yogyakarta Science Park. Tempat wisata ini adalah sebuah tempat wisata yang dibangun di atas lahan seluas 12.000 m2 dan diresmikan tepat tanggal 20 Mei 2006.  Yogyakarta Science Park juga dijadikan program percontohan science center di Indonesia. Pilihan ilmu yang ditawarkan tempat wisata ini antara lain Golden Ratio, Fenomena Gumuk Pasir, Putaran Turbulensi, Bayangan Berwarna, Keseimbangan Bola, Perpustakaan Taman Pintar, dan Radio Anak Jogja.

(lyd/rut)

Related Posts