Karimunjawa, Surga Wisata Laut Jawa

Karimun-Jawa

Gemintang.com – Ingin menikmati wisata biota laut yang beranekaragam, bermain di pantai dengan pasir putih membentang, menikmati pulau-pulau kecil yang indah dan merasakan keramahan masyarakat lokal? Kalau semua itu berkecamuk dalam benakmu, sebaiknya kamu mencoba mengunjungi taman laut nasional Karimunjawa.

Taman laut nasional Karimunjawa merupakan kumpulan dari 27 pulau-pulau kecil di Laut Jawa sebelah utara kota Semarang, yang merupakan salah satu dari 7 taman laut nasional Indonesia. Dari 27 pulau yang ada, hanya 5 pulau yang dihuni, yaitu Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang dan Genting. Taman laut nasional Karimunjawa merupakan tempat wisata yang tepat bagi kamu yang tertarik dengan keindahan alam dan ingin belajar mengenai keanekaragaman mahluk hidup di lautan.

Banyak penyelam, turis backpackers, bahkan kalangan elit yang tertarik dengan Karimunjawa. Hanya dengan menempuh 4 – 5 jam perjalanan dengan kapal feri, kamu bisa menikmati wisata bahari yang menakjubkan, baik itu bawah air maupun pantai. Kamu juga bisa menggunakan pesawat yang nantinya akan mendarat di bandar udara di pulau Kemujan.

Karimunjawa terkenal dengan pantai-pantai pasir putih yang cantik dengan pemandangan laut biru di horizon. Biota-biota laut yang beragam dan unik, bahkan langka banyak mengundang para pecinta kegiatan selam mengunjungi tempat ini. Selain itu, kawasan hutan tropis di pulau-pulau Karimunjawa pun masih asri dengan beragam hewan tropis yang menempatinya.

Karimunjawa juga terkenal dengan berbagai souvenir cantik dan uniknya. Banyak kerajinan berbau pantai dan hiasan kerang menjadi cinderamata yang cantik. Beberapa toko tradisional akan menawarkan kayu dewadaru yang dipercaya mampu menyembuhkan bisa ular, memperpanjang usia, dan melindungi rumah dari kemalingan. Selain itu, cinderamata asli ‘jawa’ seperti keris pun banyak diperdagangkan. Pastinya, liburan di Karimunjawa tidak akan biasa saja, namun luar biasa!

foto: wisatajawa.com

(ldy/rut)

Related Posts