• Monday , 24 November 2014
  • Monday , 24 November 2014

Langkah Bijak Kelola Uang

Foto by empowernetwork.com

Gemintang.com – Dalam hidup, kita harus memperlakukan segala sesuatu dengan bijak. Termasuk uang. Terkadang, manusia lebih condong diperbudak uang ketimbang mengendalikan uang itu sendiri. Baru seminggu keluar gaji, saldo di ATM sudah mulai menipis, kita pun mulai kebingungan sehingga hal tersebut membuat kita jadi pinjam sana pinjam sini. Agar hal tersebut tidak terulang kembali di waktu yang akan datang, mari kita belajar mengikuti langkah bijak dalam mengelola keuangan berikut ini. 

  • Sikapi dengan bijak

Banyak orang merasa tidak punya uang padahal ia bekerja. Masalahnya, bukan menghasilkan uang atau tidak, tapi bagaimana ia mengapresiakan uang tersebut. Sejauh mana orang itu bersyukur, itulah yang menentukan ia merasa berkecukupan atau tidak akan uang.

  • Kebiasaan

Bisa karena terbiasa. Tanamkan sikap rajin menabung dalam diri Anda, walaupun itu terlihat sulit jika menilik kondisi keuangan Anda yang mungkin sedang morat-marit. Tapi, tidak ada yang mustahil selama kita mau mencobanya. Bisa karena terbiasa. Cara kita hidup sangat menentukan bagaimana Good money habit itu ada dalam diri kita. Kalau kita cenderung boros dengan membeli barang-barang yang sesungguhnya tidak terlalu penting, maka sudah jelas, kita belum bisa mengatur menejemen keuangan diri kita sendiri.

  • Tujuan yang benar

Bagaimana Anda memperlakukan uang? Apakah uang merupakan segalanya bagi Anda? Atau Anda sudah berhasil membuat uang itu sesuai fungsinya sebagai alat pembayaran? Apakah Anda sudah berhasil menaklukkannya? Dengan hal ini, kita bisa lebih fokus untuk meperbaiki kualitas hidup ketimbang mencari uang gila-gilaan apalagi kalau sudah sampai menghalalkan segala cara.

  • Belajar dan belajar

Ilmu soal keuangan sangat luas dan membutuhkan keingintahuan yang besar agar tidak stuck di titik itu saja. Kalau Anda lihat di koran-koran, majalah-majalah, talkshow, televisi, dan masih banyak lagi, pembahasan mengenai bagaimana mengelola manajemen keuangan, sudah sangat sering ditemui. Jadi, jangan bosan untuk belajar. Dan apa yang telah dipelajari, terapkanlah. Setelah itu, mari sama-sama mengevaluasi diri. Apakah ilmu yang saya dapat sudah dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bermafaat bagi diri kita. Dan yang terpenting, jangan lupa menerapkan poin-poin diatas.

Selamat mencoba dan selamat belajar!

(rut/rut)

Related Posts