Manfaat Berpelukan dengan Orang-orang Tersayang

Gemintang.com – Kebiasaan berpelukan dengan orang-orang yang disayangi ternyata bisa membawa manfaat tersendiri. Hal ini kaitannya dengan efek rileks dan ketenangan yang didapat setelah berpelukan dengan teman, keluarga, atau bahkan pasangan. Mau tahu manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan sederhana ini?

1. Menurunkan tekanan darah dan rasa cemas

Saat memeluk seseorang yang disayangi, kadar hormon oksitosin dalam tubuh akan meningkat. Selain meredakan rasa cemas, hormon ini juga mampu menurunkan stres sekaligus meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, kadar hormon kortisol yang dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh pun bisa diredam oleh hormon oksitosin. Dan ketika tekanan darah menurun, tubuh dan pikiran akan terasa lebih tenang.

2. Menimbulkan rasa bahagia

Serotonin adalah salah satu hormon yang penting bagi tubuh. Hormon ini penting lantaran berfungsi mengatur dopamin, yaitu hormon yang menimbulkan sifat negatif dan agresif. Maka dari itu kadar serotonin dalam tubuh harus tetap terjaga dan seimbang dengan dopamin. Salah satu caranya adalah dengan berpelukan dengan orang-orang yang kamu sayangi.

3. Meningkatkan rasa sayang dan saling percaya

Khusus bagi pasangan, berpelukan menjadikan hubungan lebih langgeng dan harmonis. Penelitian membuktikan bahwa pelukan memang ampuh meningkatkan rasa sayang dan saling percaya pada pasangan. Tak heran jika pasangan yang rutin berpelukan atau melakukan kontak fisik menjadi lebih bahagia dalam hubungan yang dijalani.

4. Membuatmu merasa diterima

Sebuah pelukan terbukti ampuh membuat diri kita merasa nyaman, misalnya saat berada di tengah-tengah keluarga atau bersama pasangan. Rasa hangat yang ditimbulkan lewat sebuah pelukan adalah tanda bahwa kamu dan orang-orang di sekitarmu memang bisa saling menerima dan menyayangi satu sama lain.

5. Sebagai obat stres yang manjur

Masalah pekerjaan atau hubungan dengan pasangan kadang bisa membuat kita tertekan dan stres. Sulitnya menemukan solusi atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi membuat kita ingin menyerah. Namun, di saat-saat seperti ini, raihlah tangan pasanganmu atau orang-orang yang kamu kasihi dan gengamlah erat-erat. Berikan pelukan hangat pada mereka karena hal sederhana ini akan memberimu kekuatan dalam menghadapi masalah.

6. Sebagai cara meluapkan perasaan

Apa yang kita rasakan memang pantas diekspresikan. Menjadi orang yang ekspresif membuat hati dan pikiran kita lebih ringan. Salah satu cara meluapkan perasaan adalah dengan berpelukan. Peluklah orang-orang terdekatmu agar kamu bisa menunjukkan betapa kamu sangat mencintai dan menyayangi mereka.

7. Menjaga kestabilan emosi

Pelukan ternyata ampuh menstimulasi sistem saraf parasimpatis dalam tubuh. Sistem parasimpatis ini berfungsi menjaga kestabilan emosi. Kemampuannya akan melemah apabila kita tengah merasa tertekan atau stres. Agar sistem parasimpatis dalam tubuh tetap terjaga, melakukan pelukan secara rutin adalah salah satu kuncinya.

foto: finerminds.com

(nab/rut)

Manfaat Berpelukan dengan Orang-orang Tersayang silky

Review

Manfaat Berpelukan dengan Orang-orang Tersayang

Summary: Manfaat Berpelukan dengan Orang-orang Tersayang

5

Good

User Rating: 0.2 (1 votes)

Related Posts