Manfaatkan Waktu dengan Lebih Bijak

Gemintang.com – Berapa banyak waktu yang terbuang percuma hanya karena kamu sering menunda-nunda pekerjaan? Tak perlu menunggu momen kapan dirimu memiliki motivasi, semakin kamu menunggu, semakin pula waktu yang kamu miliki terbuang percuma. Hal apapun yang kamu harapkan kedatangannya, tidak akan pernah ada bila kamu sendiri tidak memulai untuk mendapatkannya. Prestasi yang akan kamu miliki sangatlah bergantung dari seberapa bijak kamu menggunakan waktu.

Hindari multi task

Jika kamu merasa bahwa dirimu bukan orang yang ahli dalam mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu, maka hindari hal ini. Sebelum beraktivitas, buat to do list atau jadwal pekerjaan yang harus kamu lakukan. Seiring dengan hal tersebut, tetapkan kegiatan mana yang menjadi prioritas kamu. Seringkali saat kita menghadapi work list, kita merasa bingung hal apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan akhirnya memutuskan untuk melakukan banyak hal secara bersamaan.

Bangun lebih pagi

Latih dirimu untuk bangun lebih pagi, Sobat. Mengawali hari dengan bangun lebih cepat akan membawa banyak keuntungan, diantaranya kamu bisa datang ke tempat kerja lebih cepat dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Tidak percaya? Mulai besok, coba terapkan hal ini dan rasakan manfaatnya.

Hindari bekerja sampai larut

Tak jarang orang-orang yang bekerja sampai larut malam masih harus membawa setumpuk pekerjaan untuk diselesaikan keesokan harinya. Lalu apa yang salah dengan pengaturan waktu jika akhirnya demikian? Bila hal seperti ini pernah atau sering kamu alami, mulailah minta bantuan rekan, tim, atau orang terdekat untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Agar lebih efisien, prioritaskan beberapa pekerjaan dan jangan pernah menabrak jadwal istirahat kamu. Semakin sering kamu bekerja hingga larut malam, semakin rentan kesehatanmu bermasalah.

Jangan menunda-nunda

Pernah mendengar peribahasa yang berbunyi hari pagi dikejar-kejar, hari petang dibuang? Mulai saat ini, yuk hilangkan kebiasaan mendunda-nunda! Ingatlah, waktu bukan hanya bicara soal uang, tetapi juga kesempatan. Jika kamu menyia-nyiakan waktu, itu sama halnya kamu menyia-nyiakan kesempatan. So, sudah berapa banyak kesempatan yang kamu buang hingga saat ini?

foto: fronius.com

(mir/rut)

Related Posts