Memotivasi Diri dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Gemintang.com – Melihat pekerjaan yang semakin menumpuk di atas meja ditambah tenggat waktu yang mencekik sering membuat para pekerja merasa stres. Pada akhirnya, kondisi seperti ini membuat semangat mengendur dan pekerjaan jadi terbengkalai. Lantas langkah apa sajakah yang bisa dilakukan agar terdorong untuk menyelesaikan pekerjaan itu kembali?

– Tidak menunda pekerjaan

Langkah pertama yang bisa coba kamu terapkan agar pekerjaan tidak makin menumpuk adalah dengan tidak menunda-nunda untuk menyelesaikannya. Kerjakan sekarang! Selesaikanlah pekerjaan yang memang bisa langsung diselesaikan. Kalaupun kita harus menundanya untuk sementara waktu, ingatkan pada diri kita untuk segera menyelesaikannya tanpa berkompromi dengan rasa malas yang ada.

– Membuat prioritas pekerjaan

Langkah berikutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat prioritas dari pekerjaan kita. Pekerjaan mana yang harus kita selesaikan lebih dahulu dan mana yang bisa kita selesaikan sesudahnya. Kita juga harus berkomitmen dengan prioritas yang sudah kita buat agar pekerjaan tidak berakhir dengan tumpukan-tumpukan tugas di atas meja. Atau buatlah catatan-catatan kecil disekitar meja kerja sebagai pengingat pekerjaan mana yang mesti Anda kerjakan terlebih dahulu dan mana yang akan dikerjakan kemudian.

– Memulai dengan pekerjaan yang disenangi

Ketika kita melakukan hal yang kita senangi maka secara tidak langsung rasa senang itu akan membuat kita termotivasi untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, kita juga bisa menerapkannya dengan pekerjaan kita. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan dengan jenis atau bahasan yang memang kita senangi, dengan beitu pekerjaan kita bisa terselesaikan dan kita menjadi lebih bersemangat untuk melanjutkan pekerjaan lainnya.

– Memberi waktu istirahat untuk diri sendiri

Ketika kita merasa berada pada puncak kejenuhan atau mungkin “buntu” dalam menyelesaikan pekerjaan kita, ada baiknya untuk kita memberi diri kita waktu untuk sejenak istirahat. Dengan merehatkan diri, maka otak dan badan kita bisa diajak bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan kembali. Bagaimanapun kita perlu ingat kalau otak dan badan kita perlu istirahat agar lebih maksimal dalam mengerjakan sesuatu khususnya pekerjaan.

– Meminta tolong orang terdekat

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan meminta pertolongan orang terdekat kita untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Tapi kita tidak bisa melepaskan begitu saja pekerjaan kita pada mereka. Kita tetap perlu turun tangan dalam pengerjaannya agar kita tahu bagaimana proses pengerjaannya dan kita juga tidak perlu bolak-balik nantinya jika ada hal yang salah dengan pekerjaan orang terdekat kita tersebut.

– Berkonsentrasi

Ketika kita berkonsentrasi dengan pekerjaan yang harus kita kerjakan, maka kita bisa termotivasi dengan sendirinya dan mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat. Cobalah untuk fokus pada cara menyelesaikannya tepat waktu daripada hanya fokus pada hasil akhir dari pekerjaan kita. Ketika kita terlalu fokus pada hasil akhir, maka hal tersebut bisa menjadi penghalang kamu dalam menyelesaikan semua pekerjaan.

foto: walkingspree.com

(ldy/rut)

Related Posts