Menangislah Karena Banyak Manfaat yang Bisa Didapat

Gemintang.com – Saat sedang ditimpa masalah, kita seringkali meluapkan perasaan dengan menangis. Menangis bisa jadi membuat seseorang dianggap lemah atau cengeng. Padahal, menangis sebenarnya punya banyak manfaat dan kebaikan. Tak perlu takut atau enggan saat kamu ingin menangis. Luapkan perasaan dan dapatkan hal-hal baik berikut ini!

1. Air mata membantu membersihkan matamu

Air mata berfungsi sebagai pelumas yang membuat matamu tetap basah. Mata yang kering justru akan terasa sakit dan rawan mengalami iritasi. Bahkan dalam kondisi yang parah, mata kering bisa mengakibatkan kebutaan. Selain itu, air mata akan membersihkan kotoran di matamu sehingga penglihatanmu bisa tetap jernih.

2. Air mata berfungsi melawan bakteri

Air mata ternyata mengandung zat anti bakteri yang mampu melawan bakteri-bakteri dalam mata. Zat bernama lysozyme tersebut mampu membunuh kuman dan bakteri hingga 95%. Dengan mata yang terbebas dari kuman dan bakteri, kamu akan jauh dari kemungkinan flu mata atau iritasi.

3. Menangis berarti mengeluarkan racun dalam tubuh

Penelitian dari seorang ahli biokimia, William Frey menyebutkan bahwa air mata yang dikeluarkan saat sedih berbeda dengan air mata akibat iritasi. Air mata sedih yang keluar terbukti mengandung racun. Tapi, hal ini justru pertanda baik karena bakteri yang keluar dalam air mata adalah hasil dari detoksifikasi tubuh.

4. Setelah menangis, mood kamu akan membaik

Ada kandungan unsur mangan dalam tubuh kita. Mangan dalam kadar berlebih bisa menimbulkan rasa marah atau gelisah. Saat sedang bad mood bisa jadi kadar mangan kamu sedang tinggi. Nah, salah satu cara untuk mengembalikan kondisimu menjadi normal adalah dengan menangis.

5. Menangis membuatmu merasa lebih tenang

Saat sedang stres lantaran ditempa masalah, cara paling sederhana untuk menenangkan diri adalah dengan menangis. Ketika kamu mengeluarkan air mata, hormon-hormon stres dalam tubuh pun akan ikut lepas sehingga kondisimu membaik.

6. Orang lain akan punya ikatan emosional saat melihatmu menangis

Sekilas, menangis di depan orang lain akan membuatmu terlihat lemah. Padahal, orang lain yang pernah melihatmu menangis secara otomatis akan punya ikatan emosional denganmu. Sama halnya saat melihat temanmu menangis, kamu tentu menjadi lebih peduli dan dekat dengannya, kan?

Tak ada alasan untuk malu atau enggan meluapkan perasaan saat sedih. Jika kamu memang ingin menangis, menangislah! Selain berbagai manfaat yang disebutkan di atas, menangis juga membuktikan bahwa kamu adalah manusia yang masih memiliki perasaan.

foto: telegraph.co.uk

(nab/rut)

Menangislah Karena Banyak Manfaat yang Bisa Didapat silky

Review

Menangislah Karena Banyak Manfaat yang Bisa Didapat

Summary: Menangislah Karena Banyak Manfaat yang Bisa Didapat

5

Good

User Rating: 2.4 (5 votes)

Related Posts