Merubah Nol Menjadi Satu

Gemintang.com – Angka nol acapkali diartikan sebagai angka yang tidak bernilai. Padahal, tidak akan ada angka satu, dua, tiga, dan seterusnya jika tidak didahului angka nol. Angka sembilan pun tidak lebih besar dari angka sepuluh yang merupakan gabungan dari angka satu dan nol.

Meraih kesuksesan atau impian yang kamu harapkan sebenarnya sama seperti merubah angka nol menjadi satu. Namun untuk merubah itu, diperlukan kemauan yang tinggi, usaha yang keras, serta doa yang tak pernah putus. Jika ketiga hal tersebut telah kamu lakukan namun hasil baiknya belum juga muncul, jangan menyerah! Mungkin kamu belum melakukan hal-hal berikut ini, Sobat.

1. Berhenti mengikuti

Mengikuti jejak langkah orang-orang sukses memang tidak salah. Selain bisa menjadi motivasi, kesuksesan mereka juga bisa dijadikan acuan. Tetapi jangan terlalu terpaku dengan hal tersebut, Sobat. Kamu pun bisa membuat jejak langkah kesuksesanmu sendiri dengan menanamkan sikap mandiri. Berjalan di atas kaki sendiri pasti akan terasa sulit, tapi kemudahan selalu ada bagi mereka yang percaya dan yakin atas apa yang menjadi pilihannya.

2. Kenali kemampuan dan kemauan

Kamu tidak akan pernah tau tujuan hidupmu yang sesungguhnya jika kamu tidak mengetahui kemampuan seperti apa yang ada di dalam dirimu. Dan tak cukup dengan mengetahui kemampuan diri, kamu pun perlu menanamkan kemauan yang kuat dalam menggerakkan kemampuan tersebut.

Ketahui minat atau pekerjaan apa yang kamu gemari, sesudah itu, tumbuhkan kemauan atau niat yang kuat. Dengan dua hal tersebut, kamu bisa membangun kesuksesan atau impian yang kamu harapkan.

3. Jadilah mentor untuk diri sendiri

Dirimu di masa depan adalah cerminan dirimu pada hari ini. Dalam talkshow Oprah Winfrey Show, sang pembawa acara, Oprah Winfrey pernah mengatakan bahwa kesuksesan yang ia raih tak lain dari usahanya dalam mementor diri sendiri.

Kita mungkin sering menemui orang-orang yang cenderung bergantung kepada orang lain saat dirinya melakukan sesuatu hal, padahal, hal tersebut dapat ia kerjakan sendiri. Ya, kita sering bertanya kepada orang lain tentang apa yang seharusnya kita lakukan dan merasa tidak yakin bahwa sebenarnya kita memiliki kemampuan besar. Mulai saat ini, ayo tinggalkan kebiasaan tersebut!

4. Lakukan sekarang

Jangan tunggu lagi, just do it. Walau kesempatan mungkin datang berkali-kali, tapi apakah kamu yakin bahwa esok adalah hari yang sama dengan hari ini? Manfaatkan segala peluang apapun yang kamu yakini bahwa kamu bisa sukses. Ingat, sukses bukanlah tujuan, bukan juga perjalanan, tapi sukses adalah cerminan dirimu.

foto: matthewemay.com

(mir/rut)

Related Posts