• Thursday , 18 December 2014
  • Thursday , 18 December 2014

Perhiasan Perak Kendari Werk

Photo by tanahair.kompas.com

Gemintang.com – Apabila kita berwisata ke daerah Kendari, Sulawesi Tenggara, salah satu oleh-oleh yang wajib kita dapatkan adalah perhiasan perak Kendari Werk. Sejak awal abad ke-20, perhiasan perak Kendari Werk sudah tersohor sampai ke dunia internasional karena keindahan, kerumitan, dan kualitasnya yang bermutu tinggi. Bahkan Ratu Elizabeth II dari Inggris dan Ratu Wilhelmina dari Belanda pernah memesan salah satu hasil Kendari Werk. Perhiasan perak Kendari Werk dibuat dalam berbagai aksesoris seperti giwang, anting, kalung, cincin, bros, hiasan seperti benda-benda miniatur dan juga benda-benda fungsional lainnya.

Nama Kendari Werk sendiri merupakan nama Belanda, dimana werk berarti karya. Kendari Werk pertama kali dipelopori oleh seorang keturunan Tionghoa bernama Djie A Woi. Di tahun 1920, ia terinspirasi untuk membuat perhiasan perak dengan pola yang rumit namun indah seperti model jaring laba-laba. Karyanya pun diketahui pemerintah Hindia Belanda, yang kemudian mengirimkan contoh karya A Woi ke pameran di Amsterdam pada tahun 1926. Dimulailah perhiasan perak Kendari Werk ini dikenal di daerah Eropa.

Perhiasan perak Kendari Werk ini sangat terkenal akibat keindahan, kerumitan, dan kualitasnya yang tinggi. Bagaimana tidak, bahan baku terbaik dan proses pembuatannya pun sangat panjang, serta memerlukan keahlian tinggi, jiwa seni, ketekunan, ketelitian dan kesabaran si pengrajin perak.

Kendari Werk dibuat dengan komposisi perak 97%. Proses pembuatannya menggunakan teknik filigree. Dalam prosesnya, perak dilebur, ditempa, dipress, ditarik dengan alat khusus sehingga berbentuk seperti benang (fili) atau kawat. Kemudian kawat perak dibentuk menjadi rangka perhiasan yang disebut kerrawang, yang kemudian diisi dan dimasukkan benang-benang perak sesuai dengan motif yang diinginkan. Terakhir, perhiasan perak yang sudah jadi harus digosok sampai berkilau.

 Karena kerumitan proses pembuatannyas, tidak banyak orang yang berminat untuk meneruskan harta kreasi anak negeri ini. Saat ini hanya ada tiga kelompok pengrajin perak Kendari Werk di Indonesia. So, mari kita sebagai bangsa Indonesia yang bangga akan karya nenek moyang kita, terus mempertahankan dan mengembangkan karya-karya anak negeri. Dan jangan lupa untuk membeli buah tangan Kendari Werk jika kamu jalan-jalan ke Kendari. Dijamin, orang atau sanak keluargamu yang menerima oleh-oleh ini pasti suka!

(lyd/rut)

Related Posts