Positioning Tepat dalam Berbisnis

Gemintang.com – Positioning tepat dalam berbisnis adalah kunci utama untuk menggaet konsumen. Selain dapat menentukan prestasi dan kesuksesan produk, positioning dalam hal konteks merek juga tak kalah penting. Merek yang unik dengan slogan khas lebih sering diingat oleh para konsumen. Oleh karena itu, di tengah persaingan yang keras saat ini , diperlukan positioning yang tepat.

Positioning ibarat gambaran karakter produk. Karakter itu harus kuat dan memunyai nilai tinggi agar mampu bersaing di pasar luas. Imej produk yang kuat akan melekat di benak konsumen karena keberhasilan sebuah produk tergantung dari bagaimana konsumen memahami dan mempersepsikan satu produk dengan produk yang lainnya.

Salah satu contoh positioning tepat yaitu produk kopi Kapal Api. Kita semua tentu tahu slogan dari produk ini berbunyi “Kapal Api, Jelas Lebih Enak” yang seakan memprovokasi konsumen bahwa tak ada kopi yang lebih enak selain kopi Kapal Api.

Contoh sukses lainnya adalah The Botol Sosro. Dahulu, tidak ada yang menduga jika produk ini bisa begitu sukses. Banyak orang yang meragukan bagaimana bisa aktifitas minum teh yang biasa dilakukan di rumah dengan menggunakan cangkir kini dapat dilakukan di manapun dalam sebuah dus karton. Namun seiring berjalannya waktu, produk ini berhasil di pasaran dan kini produk-produk serupa ikut bermunculan.

Meskipun begitu, tidak semua strategi positioning berbuah manis. Positioning yang gagal juga kerap terjadi dalam dunia bisnis. Kegagalan dalam melakukan positioning hanya akan berakibat dua hal: produk tersebut mati atau tenggelam dalam pasar.

Oleh sebab itu, langkah tepat dalam membangun imej, ikon, atau slogan produk sangat diperlukan. Jangan sampai uang yang sudah Sobat Gemintang korbankan untuk kesukesan produk bisnismu malah gagal hanya karena satu langkah yang kurang tepat.

foto: satowstrategies.com

(ysf/rut)

Related Posts