Ragam Bisnis yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah

Gemintang.com – Biaya hidup yang semakin mahal dari hari ke hari ternyata juga dirasakan oleh para mahasiswa. Karena hal tersebut, tak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk berbisnis di samping menimba ilmu. Jika kamu ingin mengisi hari-hari belajarmu sambil berbisnis, pahami dulu yuk, dua ragam pekerjaan berikut ini, Sobat.

1. Jual Jasa

Banyak sekali jasa yang dapat kamu jual, tergantung dengan minat dan keahlian masing-masing. Berbisnis jasa berarti mengambil modal dari dalam dirimu sendiri. Itu sebabnya, kamu perlu memahami dan memperhatikan kemampuan apa yang ada di dalam dirimu dan pekerjan seperti apa yang kamu senangi.

  • Salurkan hobi kamu

Apa hobi kamu? Menggambar, menulis, bernyanyi, atau bahkan utak-atik gadget? Jika kamu telah memahami apa yang menjadi kegemaranmu, maka selanjutnya carilah pekerjaan yang di dalamnya kamu bisa menggali hobi tersebut. Misalnya bermusik dan bernyanyi, jika kamu menyenangi kegiatan ini, cobalah membuat kelompok dengan teman-temanmu dan memasarkannya lewat cara manggung di café atau pada event-event musik tertentu.

  • Ajarkan apa yang kamu pelajari

Ilmu pengetahuan tak pernah mengenal kata basi. Jadi, buatlah pengetahuan yang kamu punya untuk menghasilkan uang, contohnya membuka jasa mengajar pelajaran. Targetnya banyak, bisa teman sebaya, rekan sekampus, adik kelas, atau orang-orang yang tingkat belajarnya di bawahmu.

Apapun bisa menjadi bahan ajar, seperti mata pelajaran matematika, bahasa asing, musik, seni, dan masih banyak lagi. Jangan simpan pengetahuan hanya untukmu sendiri, Sobat. Jika menjadi tutor atau pengajar paruh waktu bisa menghasilkan uang tambahan, mengapa tidak mencobanya?

  • Ragam Bisnis yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah

Sebut saja web designer, freelance writer, IT developer, interior designer, event organizer, cartoonist, dan lain-lain. Banyak sekali kemampuan khusus yang dapat membuka peluang bisnis. Jika kamu merasa punya bakat melakukan hal-hal tertentu, jangan ragu untuk menjadikan bakat tersebut sebagai pembuka pintu rezekimu.

2. Jual Barang

Kamu tentu tak asing dengan istilah online shop bukan? Membuka toko online seperti ini merupakan salah satu jenis bisnis yang paling diminati para mahasiswa. Banyak barang dapat dijual, baik secara online maupun langsung. Yang paling laris tentu saja bisnis yang bergerak di bidang fashion, makanan, barang-barang custom-made/hand-made, dan masih banyak lagi.

  • Fashion

Bisnis ini memerlukan ketekunan lebih serta wawasan yang up to date soal fashion. Apalagi sekarang ada begitu banyak pebisnis yang bergerak di bidang ini. Dengan menjamurnya pesaing, kamu dituntut untuk mampu berusaha lebih keras demi kepuasan pelanggan.

  • Makanan

Dalam menjalankan bisnis kuliner, kreativitas dan inovasi sangat diperlukan. Bagi pemula, bisnis makanan yang bisa kamu jalankan contohnya makanan-makanan dalam kemasan, makanan ringan atau camilan.

Kamu bisa mulai dengan menitipkannya pada toko-toko di sekitar tempat tinggalmu maupun kantin kampus. Jika bisnis mulai berkembang maka distribusikanlah ke wilayah yang lebih luas lagi.

  • Pernak pernik hand-made

Punya ide-ide hebat untuk membuat kerajinan atau barang-barang custom? Keluarkanlah! Coba realisasikan ide tersebut menjadi barang jadi. Siapa tahu banyak orang tertarik dan ingin membelinya.

Berpikir kreatif dan jadilah pebisnis yang tekun, Sobat! Selamat berusaha!

foto: huffingtonpost.com

(nab/rut)

Ragam Bisnis yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah silky

Review

Ragam Bisnis yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah

Summary: Ragam Bisnis yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah

5

Good

User Rating: 0.2 (1 votes)

Related Posts