Sumber Ide dalam Berbisnis

Main-Idea

Gemintang.com – Berbagai kisah sukses para pebisnis kini berhasil memicu banyak orang untuk ikut terjun dalam dunia tersebut. Berbagai macam ide pun berusaha digali agar usaha yang akan dirintis menuai kesuksesan.

Dan ternyata, untuk menemukan sumber ide dalam berbisnis tidaklah sulit, bahkan ada beberapa diantaranya yang kita dapatkan secara spontan. Ini loh sumber-sumber ide dalam berbisinis yang sering dirasakan oleh banyak orang.

1. “Latah”

Belakangan ini, masyarakat Indonesia mudah “tertular” dengan segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Begitu juga dalam mencari ide berbisnis. Sering terjadi  ketika ada sebuah usaha yang sukses, maka calon pengusaha lainnya akan dengan mudah mendapatkan ide usahanya sendiri. Pertimbangan ini muncul karena kesuksesan yang diraih pendahulunya sudah terbukti benar.

2. Terpikir secara tiba-tiba

Ide memang bisa didapat dari mana saja, salah satunya adalah ketika ide itu muncul kapanpun dan di manapun dengan sendirinya. Ide ini biasanya muncul karena kepekaan yang dimiliki seseorang. Oleh karena itu cobalah untuk mengasah kemampuan kamu dalam melihat keadaan sekitar. Perhatikan kebutuhan dan permintaan pasar, target pasar dan sebagainya.

3. Cita-cita yang tertunda

Dalam hal bisnis pun harapan atau cita-cita yang tertunda bisa menjadi ide menarik untuk memulai sebuah usaha. Wujudkan harapan yang lahir dari cita-citamu itu ke dalam perwujudan yang nyata!

4. Terpaksa oleh tekanan

Ketika berada dalam tekanan biasanya ide dengan mudah muncul ke permukaan. Pun dengan halnya mencari ide untuk berbisnis. Orang akan termotivasi untuk mencari solusi dari tekanan yang dialaminya dan hasilnya adalah berupa ide yang bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha atau bisnis

5. Mencoba tampil beda

Ide usaha juga bisa muncul ketika kamu memiliki pemikiran untuk membuat usaha yang beda dari usaha yang sudah ada. Ide untuk tampil dengan usaha yang berbeda biasanya timbul karena faktor kebutuhan. Dengan produk yang didesain untuk tampil beda biasanya akan lebih mudah menarik perhatian konsumen. Agar lebih baik, pertimbangkan kesesuaian ide dengan kebutuhan para konsumen.

foto: linkedin

(ldy/rut)

Related Posts