Tanda-tanda Bullying di Tempat Kerja

Gemintang.comBullying bisa terjadi kapanpun, di manapun dan kepada siapapun, tidak terkecuali orang-orang yang bergelut di dunia kerja. Gesekan-gesekan dan iklim kerja yang tidak sehat bisa menjadi pemicu mengapa perilaku tindas-menindas sering terjadi di lingkungan kerja. Dalam kasus ini, biasanya pihak yang mem-bully memiliki otoritas lebih tinggi sehingga si korban kerap kali mengalami rasa tertekan dan dilema.

Dibanding pria, wanita lebih sering menjadi korban bullying. Seperti dikutip dari prevention.com, hal ini disebabkan karena kaum hawa cenderung bertindak menggunakan hati ketika ia merasa tidak puas terhadap hasil kerjanya atau rasa iri yang timbul karena prestasi rekan kerja lain. Padahal, konsekuensi akibat perbuatan ini terbilang cukup gawat.

Bullying tidak hanya mempengaruhi sisi psikologis si korban, namun juga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti depresi, tekanan darah tinggi, migrain, masalah perut, hingga penyakit jantung. Garie Namie pendiri Workplace Bullying Institute di Bellingham mengatakan, para korban penindasan di lingkungan kantor akan sulit berkonsentrasi saat mengerjakan tugas-tugasnya. Mirisnya lagi, 64% dari para korban penindasan di lingkungan kerja memilih resign.

Untuk itu, ayo ketahui tanda-tanda bullying di kantor sebelum kamu menjadi korban berikutnya!

1. Para penindas seringkali melancarkan aksinya dengan dengan cara mengintimidasi, mengancam, dan mempermalukan si korban. Mereka akan merasa puas apabila korbannya sudah mengalami salah satu dari hal tersebut. Jika kamu mulai merasakan tanda yang satu ini, menyingkirlah dari orang-orang tersebut.

2. Mendelegasikan tugas atau pekerjaan tanpa memperhatikan batasan-batasannya. Mereka juga kerap kali menyabotase pekerjaan para korbannya sehingga membuat si korban merasa tidak berkutik.

3. Sering melecehkan secara verbal, berkata kasar, merendahkan serta menghina. Mempermalukan si korban di depan banyak orang dan sering menyebarkan gosip yang tidak sedap di lingkungan kantor.

Perilaku bullying memang tidak terbatas pada tiga hal tersebut saja, namun tiga hal itu merupakan gambaran jelas yang sering terjadi di lingkungan kantor, Sobat. Untuk itu, saat kamu berada dalam lingkungan kerja dan mengalami peristiwa bullying, segera ambil langkah bijak dan laporkan pada atasan!

foto: theguardian.com

(ysf/rut)

Related Posts