Tata Rias Memiliki Pengaruh Saat Wawancara Kerja

Job-interview

Gemintang.com – Penampilan dan tata rias kerap menjadi tolok ukur pada pandangan pertama. Dua hal tersebut ternyata juga berperan besar dalam kesuksesan karier seseorang. Sebuah penelitian dari Universitas Sterling di Skotlandia mengemukakan, penampilan serta tata rias punya pengaruh besar untuk mengetahui potensi calon karyawan saat wawancara kerja.

Itu sebabnya wanita yang menggunakan tata rias dan berpenampilan baik saat wawancara kerja mendapat perhatian lebih banyak dibandingkan yang tidak. Fakta tersebut sedikit dilematis sebab di dunia ini ada dua tipe wanita; yang gemar mengenakan make-up dengan yang tidak.

Bukan hanya pria, wanita juga setuju seseorang yang menggunakan riasan wajah tampak lebih menarik saat diwawancara kerja. Namun hal tersebut kembali lagi kepada individu masing-masing.

Salah satu anggota peneliti di Universitas Sterling, Dr Viktoria Mileva menjelaskan bahwa pandangan terhadap wanita yang memakai make-up ketika wawancara kerja terbagi menjadi dua, tergantung dari gender yang melihat. Apakah si pewawancaranya pria atau wanita?

Menurut pria, wanita yang memakai riasan wajah terlihat lebih menarik dan memiliki daya pikat yang positif, sementara wanita yang melihatnya akan menganggap hal itu sebagai bentuk manipulasi dan sikap dominan agar orang lain mengikutinya.

Fenomena ini dijelaskan Dr Viktoria Mileva karena rasa iri dan terancam dimana seorang wanita yang melihat wanita lain mengenakan kosmetik dipandang sebagai wanita penggoda lawan jenis.

foto: huffingtonpost.com

(asq/rut)

Tata Rias Memiliki Pengaruh Saat Wawancara Kerja silky

Review

Tata Rias Memiliki Pengaruh Saat Wawancara Kerja

Summary: Tata Rias Memiliki Pengaruh Saat Wawancara Kerja

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts