Waspadai Tanda-tanda Pemecatan

Gemintang.com – Kamu mulai merasakan sesuatu yang aneh di kantor tempatmu bekerja? Tugas-tugas yang diberikan kepadamu menjadi sangat sulit atau terlalu mudah? Manajer dan atasan kamu mulai bertingkah aneh? Kamu mulai merasa akan segera dipecat?

Tepat, mungkin pemecatan adalah apa yang akan kamu alami selanjutnya. Untuk mencegah rasa syok atau keterkejutan berlebihan, ada baiknya kamu mengenali tanda-tanda pemecatan karyawan berikut ini.

1. Mendapat tugas yang sangat sulit

Bila kamu mendapat tugas yang sangat sulit dan sebenarnya mustahil untuk dilakukan, kamu harus berhati-hati. Bisa jadi ini merupakan cara perusahaan untuk mencari dalih pemecatanmu. Pastikan kamu melakukan yang terbaik dalam tiap tugas yang diberikan.

2. Tidak mampu bekerja dalam tim

Kamu terlalu menonjol sendiri dan tidak bisa bekerja sama dalam tim? Kamu mungkin akan dikeluarkan. Bagaimana pun bekerja dalam perusahaan, kamu harus siap untuk bekerja dalam tim. Untuk menghindari pemecatan, ada baiknya kamu mengasah social skill-mu sehingga kamu mampu bekerja dengan baik dalam tim dan mendapat dukungan serta rekomendasi dari rekan-rekan sekerja kamu.

3. Kamu membuat kesal atasan

Mungkin ada perkataan, kebiasaan, atau perilaku kamu yang tidak berkenan di mata atasanmu? Mungkin hasil kerja kamu tidak memuaskan si bos? Kamu harus bersiap diri menghadapi pemecatan bila hasil kerjamu tidak memuaskannya, terlebih bersiap diri menghadapi pemecatan. Untuk menghindarinya cobalah mengambil hati atasan kamu, tapi bukan berarti kamu menjadi penjilat, cukup lakukan tugasmu dengan maksimal dan tunjukkan rasa hormat yang cukup untuknya.

4.  Tugasmu semakin sedikit

Apakah tugas-tugas yang biasa kamu lakukan mulai dialihkan kepada rekan-rekanmu? Kamu cenderung menjadi pengangguran dengan minimnya tugas di kantor? Ini bisa menjadi tanda kalau kamu akan segera dipecat atau dipindahkan ke bagian lain. Tidak ada salahnya mempersiapkan mental dan mencoba mencari-cari lowongan di tempat lain.

 5. Manajer HRD bertingkah aneh

Sesekali kamu mendapati manajer HRD perusahaanmu memandangi dirimu dengan sorot tidak biasa. Bisa juga ia menjadi sering hilir mudik di sekitarmu. Ada kemungkinan ia sedang mengawasimu dan sedang memikirkan cara dan waktu yang tepat untuk menyampaikan bahwa kamu dipecat. Koreksi diri dan bersiap sedia untuk setiap kemungkinan.

foto: heinzmarketing.com

(ldy/rut)

Related Posts