Salah Pertanyaan

Foto by thegazette.com

Gemintang.com – Suatu cerita dalam kota kecil, terjadi persidangan rakyat. Dalam saksi pertama adalah nenek tua. Nenek tua itu lalu diambil sumpah untuk tidak berbohong dalam selama masa penanyaan saksi. Seorang pengacara muda mulai menanyakan sebuah pertanyaan, Nyonya apakah anda mengenal saya?

Nenek yang sudah berambut putih tersebut langsung menjawab, “Yas, saya tahu anda Pak Billy. Saya mengenal anda sejak anda masih anak remaja dan jujur saja. Anda sangat mengecewakan bagi saya. Anda suka berbohong, berselingkuh dari istri anda, menipu orang banyak dan terlalu sombong dengan orang lain”.

Pengacara tersebut tampak tidak bisa mengeluarkan sepatah kata. Tidak tahu harus berbuat apa, pengacara tersebut mulai menanyakan, pertanyaan yang sama namun ditujukan ke pengacara pembela dari pihak nenek tua. “Lalu bagaimana dengan pengacara pembela anda? Apakah anda mengenalnya?”

“Apa yang memang anda ikirkan, tentu saya mengenal Pak Jody sejak masih muda juga, saya ditugaskan untuk merawat Pak Jody sewaktu kecil oleh orang tuanya. Dan ia juga telah mengecewakan saya. Dia pemalas, suka mabuk mabukan dan tidak bisa terikat dengan satu wanita. Dan juga praktek legal hukumnya sering bermasalah. Ya saya tahu semua”.

Dalam beberapa menit hakim mengentuk palu dan meminta para pengacara untuk berunding sejenak. Dalam suara pelan, sang hakim berkata, “Jika salah sau dari kalian menanyakan pertanyaan pada nenek itu, apakah dia mengenal saya? Saya jamin kalian berdua akan saya tuntut dan kumasukkan kedalam penjara!”

(Sil)

Related Posts