4 Jenis Temperamen dan Ekspresinya Saat Menggunakan Gadget

4-Temprament-Types

Gemintang.com – Setiap orang memiliki satu kecenderungan temperamen, baik disadari ataupun tidak. Menurut Tim Lahaye, temperamen merupakan gabungan dari ciri-ciri pembawaan yang secara tidak sadar memengaruhi tingkah laku seseorang. Tahun 400 SM, Hipocrates, tabib dan ahli filsafat Yunani, menemukan bahwa manusia terkelompokan ke 4 kelompok temperamen dasar yang dipengaruhi 4 macam cairan tubuh yang sangat penting.

Keempat kelompok temperamen tersebut adalah Sanguine (darah) yang penuh kehidupan, Choleric (cairan empedu kuning) yang aktif, Melancholy (cairan empedu hitam) yang pemurung, dan Phlegmatic (cairan phlegma) yang lambat.

Keempat temperamen ini memengaruhi kecenderungan seseorang dalam menggunakan perangkat elektronik. Tentunya setiap orang memiliki keempat temperamen ini dalam diri, namun biasanya hanya dua temperamen yang lebih dominan. Mau tahu bagaimana kecenderungan tiap temperamen dalam menggunakan gadget? Langsung kita bahas satu persatu, yuk.

  • Tipe Sanguine

Sangunis merupakan tipe orang yang periang, selalu menjadi pusat perhatian dan memiliki keinginan yang sangat besar untuk berhubungan dengan banyak orang. Sanguinis selalu update dengan berita terbaru dan selalu ingin berbagi pengalaman atau ketertarikan hidupnya dengan orang lain.

Tipe ini biasanya sangat aktif dalam jaringan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instragram. Selain itu mereka juga sangat senang untuk melakukan pengiriman informasi secara bersamaan. Makanya pasti mereka memiliki banyak aplikasi chatting dan instant messaging. Mereka juga sangat aktif dalam hal kirim mengirim surat elektronik.

  • Tipe Koleris

Koleris adalah orang yang mempunyai semangat tinggi, reaksi cepat, aktif, praktis, berkemauan keras dan senang memimpin. Orang koleris senang menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas dan tiap kegiatan yang mereka lakukan selalu memiliki tujuan yang pasti. Orang koleris tidak akan menghabiskan waktu atau tenaga dengan percuma.

Makanya, gadget mereka pun penuh dengan fasilitas yang mendukung tiap rencana mereka. Dalam handphone ataupun perangkat elektronik orang koleris, berbagai aplikasi office, pengeditan, dan penghitungan anggaran pasti tersedia. Gadget yang ada akan digunakan semaksimal mungkin untuk membantunya mencapai sasaran yang sudah ia tetapkan.

  • Tipe Melankolis

Melankolis sering dianggap sebagai tipe pemurung, padahal merekalah yang paling kaya dibandingkan tipe-tipe lain. Orang melankolis memiliki sifat analitis, rela berkorban, berbakat, perfeksionis, dan sensitif secara emosi. Tipe ini yang memiliki jiwa seni paling tinggi dan sangat pendai menilai karya seni.

Dalam menggunakan gadget, orang melankolis senang menyimpan kenangan-kenangan yang menurut mereka berharga, makanya tidak jarang mereka menyimpan tiap aktivitas ke dalam foto yang mungkin diunggah ke akun-akun sosial yang mereka miliki. Aplikasi musik atau pengeditan gambar pasti diinstal dalam gadget yang mereka punya sehingga dapat langsung digunakan sewaktu-waktu mereka mendapatkan inspirasi.

  • Tipe Plegmatis

Ciri khas orang plegmatis adalah cuek. Mereka dikenal memiliki temperamen yang dingin, lamban, santai dan stabil. Bagi mereka hidup adalah pengalaman yang menyenangkan dan membahagiakan dan cenderung tidak mau melibatkan diri dalam persoalan apapun. Makanya bagi orang bertipe ini, privasi sangatlah penting.

Orang plegmatis selalu menjaga jarak dengan orang lain. Ketika menggunakan gadget, orang plegmatis akan berusaha menutup privasinya rapat-rapat jadi untuk menghindari kebocoran data pribadi biasanya gadgetnya selalu memiliki kunci tersendiri. Tidak jarang mereka membuat log in khusus bagi dirinya sendiri sehingga data-datanya tidak akan dapat dibuka sembarangan.

foto: merelymarie.com

(lyd/rut)

Related Posts