7 Fakta Tentang Kepribadian Kamu

Smiling-Woman-3

Gemintang.com – Kepribadian kamu akan menunjukkan siapa diri kamu dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupanmu. Mulai dari pilihan-pilihan yang kamu buat, sikap dan sifatmu, hal-hal yang kamu sukai, serta bagaimana kamu berhadapan dengan orang lain dan dunia dimana kamu tinggal. Apakah kepribadian bisa berubah? Apa kepribadian bisa dibentuk? Bagaimana dengan berbagai penyimpangan kepribadian yang ada?

1. Kepribadian kamu akan stabil

Pada dasarnya kepribadian seseorang akan stabil selama hidupnya. Kalaupun terjadi perubahan biasanya terjadi sesuai pertambahan usia kamu. Itupun hanya pada aspek-aspek tertentu seperti meningkatnya tingkat kekhawatiran, fleksibilitas dan keramahan, serta keinginan untuk mencoba hal-hal baru.

2. Posisimu dalam keluarga mempengaruhi kepribadianmu

Ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa posisimu dalam keluarga sangat mempengaruhi kepribadianmu. Bila kamu merupakan anak pertama, cenderung bersikap ‘bossy’, bertanggung jawab, dan senang berkuasa. Bila kamu anak tengah, biasanya kamu cenderung mengalah, ramah, dan senang berada dalam keramaian. Sedangkan bila kamu anak bungsu, kamu cenderung impulsif dan senang akan hal-hal baru.

3. Kepribadian mempengaruhi kesukaanmu

Tanpa kamu sadari kepribadianmu menentukan tiap pilihan atau hal-hal yang kamu sukai seperti jenis musik, jenis orang yang dijadikan teman, bahkan partai pilihan kamu. Orang dengan keteraturan yang tinggi cenderung memilih partai-partai konservatif, sedangkan mereka yang memiliki tingkat empati yang tinggi cenderung memilih partai-partai liberal.

4. Kepribadian kamu ditunjukkan dalam 5 aspek

Ada 5 hal dasar yang menunjukkan kepribadian kamu yaitu, tingkat prioritas kamu terhadap orang lain, persetujuan, kehati-hatian, pelepasan emosi dan keterbukaan. Dari kelima hal tersebut, kamu dapat mengetahui kepribadianmu.

5. Kepribadian kamu tampak dalam profil Facebook-mu

Pasti kamu berhati-hati dalam membuat dan menampilkan profil Facebook-mu. Kamu akan menentukan informasi apa yang dapat dilihat khalayak dan mana yang tidak. Kamu juga memilih dengan banyak pertimbangan foto profil kamu untuk membentuk imej yang kamu inginkan. Bahkan, status-status yang kamu posting pun menunjukkan siapa kamu, bagaimana kamu ingin diresponi, dan sebagainya.

6. Banyak faktor yang menyebabkan penyimpangan kepribadian

Apakah kamu khawatir kalau kamu memiliki kepribadian yang menyimpang tanpa kamu sadari? Jangan takut ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan acuan untuk menganalisa kepribadian kamu. Pada dasarnya ada 4 faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan kepribadian: faktor genetik,  faktor sensitifitas, pengalaman mendapatkan pelecehan secara verbal, dan pengalaman mendapatkan trauma masa kecil.

7. Kepribadian kamu akan mempengaruhi kesehatanmu

Berdasarkan riset kesehatan ada beberapa bawaan kepribadian yang mempengaruhi kesehatan. Misalnya, serangan jantung banyak dialami mereka yang memiliki tingkat permusuhan atau agresivitas yang tinggi. Beberapa penyakit yang dipengaruhi pelepasan emosi yang terganggu yaitu sakit kepala, asma, radang sendi, bisul/borok, dan sakit jantung.

(ldy/rut)

Related Posts