7 Jenis Mimpi

Dreaming-9

Gemintang.com – Mimpi merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Ada mimpi yang sebatas bunga tidur saja, ada juga mimpi yang merupakan pesan yang dikirimkan oleh alam bawah sadar kita yang mungkin selama ini tidak kita ketahui atau kita abaikan.

Pada kenyataannya mimpi yang sering kali Sobat Gemintang alami dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Tiap jenis memiliki arti, alasan, dan proses yang berbeda satu dengan yang lain.

1. Mimpi di siang bolong

Mimpi di siang bolong biasa saja juga disebut lamunan yang bisa terjadi ketika kamu dalam keadaan sadar namun pikiran dan imajinasimu melayang entah kemana. Seringkali lamunan seperti ini diabaikan dan dianggap tidak penting, padahal menurut riset, tiap orang bisa menghabiskan waktu antara 70-120 menit per harinya hanya untuk melamun.

Lamunan merupakan tindakan spontan yang memicu kerja otak kanan yang kreatif dan feminis. Yang perlu diperhatikan adalah isi dari lamunan itu sendiri karena lamunan biasanya merupakan perasaan kamu yang sebenarnya dan jika dilamunkan terus-menerus, bisa saja terjadi. Pastikan lamunan kamu berisi hal-hal positif, Sobat.

2. Mimpi buruk

Mimpi buruk biasanya merupakan mimpi yang tidak diharapkan dan selalu ingin dihindari. Namun mimpi buruk bisa sangat mempengaruhi keadaan emosional dan keseharianmu. Biasanya orang yang sensitif, intuitif, imajinatif, dan kreatif rentan mengalami mimpi buruk.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mimpi buruk seperti stres, trauma, ketakutan yang berlebihan, kekhawatiran, gangguan kesehatan, atau masalah baik dalam keluarga, pekerjaan, atau konflik pribadi. Jika kamu mengalami mimpi buruk mengenai masalah-masalah tersebut sebaiknya kamu segera menyelesaikan akar permasalahanmu.

3. Mimpi yang sangat jelas

Pernahkah kamu menyadari di tengah mimpimu bahwa kamu sedang bermimpi? Mimpi seperi inilah yang disebut dengan mimpi yang jelas. Jika kamu mengalami mimpi ini, kamu memiliki beberapa keuntungan karena biasanya kamu bisa mengarahkan apa yang akan terjadi atau muncul selanjutnya dalam mimpimu.

Biasanya dalam mimpi-mimpi seperti ini kamu akan menjadi lebih berani dari biasa karena semuanya ada dalam kendalimu. Jika kamu memiliki kesulitan mengungkapkan keinginan atau perasaanmu pada orang lain, mimpi yang jelas bisa dijadikan sebagai alat berlatih.

4. Mimpi berulang-ulang

Pernahkah kamu memimpikan hal yang sama secara berulang-ulang? Mimpi tersebut bisa mimpi yang positif, walau biasanya yang seringkali terjadi adalah mimpi buruk. Mimpi seperti ini dapat terjadi dalam jangka waktu seminggu, sebulan, bahkan setahun tergantung isi dari mimpi itu sendiri. Mimpi seperti ini menunjukkan kelemahan, ketakutan, dan kekhawatiran terdalam kamu.

Cara untuk menangani mimpi yang berulang-ulang adalah merenungkan kehidupanmu dan berkomitmen untuk memperbaiki segala kekuranganmu. Kamu juga harus sabar karena hal ini tidak akan selesai dengan cara instan. Tapi gunakan momen ini untuk mengenal siapa kamu lebih dalam dan mulai menerima dan mengasihi siapa diri kamu sebenarnya.

5. Mimpi nubuatan

Ada orang-orang tertentu yang memiliki karunia mendapat mimpi yang bersifat nubuatan (meramalkan kejadian di masa depan). Ramalan di sini bisa bersifat perorangan atau kelompok dan biasanya terwujud dalam waktu dekat. Mimpi-mimpi nubuatan biasanya bertujuan untuk memberi tuntunan atau peringatan kepada si pemimpi.

Ada orang yang bermimpi melihat seseorang yang belum pernah dikenal sebelumnya yang kemudian ditemui di dunia nyata. Ada juga mimpi yang meramalkan musibah-musibah besar di masa datang seperti gunung meletus, banjir besar, atau kecelakaan fatal.

6. Mimpi berkelanjutan

Pernah mengalami mimpi yang bersambung atau berlanjut, entah pada malam yang sama atau pada hari berikutnya? Mimpi seperti ini biasanya berbentuk penyelesaian masalah dimana kamu dapat belajar memutuskan dari berbagai pilihan yang diberikan dalam hal hubungan, situasi, atau individu.

7. Mimpi bersama

Mimpi bersama biasanya dialami oleh dua orang atau lebih dengan isi mimpi yang sama. Ini menunjukkan kesamaan visi, besarnya kepercayaan, dan komunikasi antara orang yang mengalami kesamaan mimpi.

foto: josephinewall.co.uk

(ldy/rut)

Related Posts