Tips Feng Shui untuk Rumah Tinggal

Home-2

Gemintang.com – Rumah tinggal adalah esensi utama dari Feng Shui, karena dipercaya bahwa arah bentuk ruang, arus angin, mempengaruhi kinerja dari sang penghuni. Sama halnya seperti setiap manusia yang unik, penerapan Feng Shui pun juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. Lalu bagaimana tips umum yang dapat kita terapkan untuk rumah tinggal? Ikuti tips Feng Shui berikut ini.

1. Arah Rumah

Pastikan arah rumah menuju ke arah baikmu. Untuk mengetahui arah baik, silakan gunakan kalkulator Gemintang.

2. Pintu Utama

Secara umum jangan letakan benda yang memiliki chi negatif di samping pintu utama. Barang seperti sapu, sepatu, sandal di sekitar luar pintu utama rumah kamu harus dihindari, jika tidak dapat dihindari minimal harus selalu dalam keadaan bersih.

Setiap pagi, pastikan ruang di pintu utama tidak terhalang. Pintu utama yang terbuka lebar dengan angin yang masuk tanpa halangan menandakan chi (energi) bebas masuk ke dalam rumah dan kehidupan kamu, Sobat.

3. Kamar Tidur

Jika tidak perlu, hindarilah cermin di kamar tidur. Apalagi tidur berlawanan dengan cermin. Hal ini dipercaya dapat menarik pihak ketiga dalam sebuah hubungan. Selain itu, peralatan elektronik sebaiknya dihindari di kamar tidur, karena membawa energi negatif.

Tempat tidur kamu harus selalu berada di balik tembok yang solid. Hal ini penting agar lebih memungkinkan kamu untuk memiliki istirahat cukup sehingga ketika kamu bangun di pagi hari, tubuhmu akan merasa segar dan kamu merasakan istirahat yang cukup. Hal ini juga juga memungkinkan kamu untuk dapat berkonsentrasi pada pekerjaan yang lebih baik.

Inilah salah satu contoh “logika” dari ilmu Feng Shui, penerapannya memengaruhi kesuksesan dan bukan hanya mistis semata. Hindari juga balok di atas ranjang. Balok di atas yang menyebabkan chi menjadi tekanan sehingga memungkinkanmu untuk memiliki pressure dalam kehidupan.

Sama seperti pintu utama, pastikan buka jendela kamar tidur kamu sekurang-kurangnya sepuluh menit sehari agar chi yang baru dan segar masuk ke dalam, jika tidak, kamu akan tidur dengan chi negatif.

4. Air mancur dan Akurium

Jika memungkinkan, buatlah air mancur di rumahmu. Buat di lokasi yang benar untuk menarik apapun yang kamu inginkan dalam hidupmu. Jika hal ini tidak memungkinkan, kamu dapat menggunakan lukisan sebagai simbol. Jika kamu telah terlebih dulu memilki akurium di rumah, perhatikan tata letak dan ornamen-ornamen yang ada di dalamnya.

Akuarium yang ditempatkan dengan tepat dan benar dapat menghasilkan untung besar. Dan sebaliknya, jika kamu salah meletakkan akuarium tersebut, hal itu justru dapat membuatmu mengalami kerugian, tekanan pekerjaan, dan masalah lainnya. Bersihkan air akurium secara rutin. Air akuarium yang kotor akan membawa chi yang buruk.

5. Dapur

Posisi kamar diharapkan tidak berada diatas dapur karena dapat memberikan hawa panas bagi penghuni kamar tersebut. Pastikan kompor tidak berhadapan langsung dengan kulkas, mesin cuci, wastafel dan toilet. Letak api dan air yang berlawanan menyebabkan anggota keluarga memiliki perbedaan pendapat.

Selain itu, posisi pengguna dapur dalam memasak harus searah dengan pintu rumah. Hal ini dimaksudkan agar saat si penghuni memasak, tidak menyerupai seperti sedang membuang makanan kearah keluar dari pintu.

6. Ranjang

Sebisa mungkin hindari penggunaan matras dilantai, terutama bagi anak-anak. Di satu sisi, matras bisa membatu anak tidak terjatuh dari tempat tidur, namun dapat menyebabkan anak-anak sering jatuh sakit. Hal ini dikarenakan arus energi atau chi tidak mengalir di bawah tempat tidur.

7. Meja Belajar

Posisi meja belajar sebaiknya membelakangi tembok yang solid. Hal ini memungkinkan anak untuk mendapatkan dukungan agar dia bisa duduk dan konsentrasi belajar. Sebuah lukisan gunung juga bagus untuk “menopang”, sedangkan lukisan air terjun dihindari.

(rut/rut)

Related Posts