3 Peringkat Lomba Maraton

Photo by telegraph.co.uk

Gemintang.com – Lari maraton merupakan salah satu cabang atletik yang cukup bergengsi. Lebih dari 500 lomba maraton diselenggarakan tiap tahunnya di seluruh penjuru dunia. Maraton merupakan lomba lari jarak jauh yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu marathon (42,195 km), half-marathon (21,975 km) dan 10 K (10 km). Lomba-lomba maraton ini diawasi dan diatur oleh Asosiasi Maraton Internasional dan Lomba Lari Jarak Jauh (AIMS). AIMS sudah berdiri sejak 1982 dan beranggotakan 83 negara.

Penyelenggaraan lomba maraton selalu diawasi dan dinilai. Menurut Federasi Atletik Internasional (IAAF) ada 3 peringkat lomba maraton, yaitu kelas emas, kelas perak, dan kelas perunggu. Kriteria ini ditentukan berdasarkan penyelenggaraan, catatan waktu, pelayanan media, kualitas lintasan, kesehatan dan keamanan, serta keamanan atlet. Inilah 3 peringkat marathon dunia:

1. KELAS EMAS

Kelas emas terdiri dari 6 lomba marathon yaitu: Maraton Dubai di Uni Emirat Arab, Maraton Roma di Italia, Marathon International Seoul di Korea Selatan, Maraton Vienna di Austria, Maraton Amsterdam di Belanda, Maraton Istanbul di Turki, dan Maraton Singapura.

2. KELAS PERAK

Kelas perak terdiri dari 5 lomba, yaitu: Maraton Hongkong, Maraton Madrid di Spanyol, Maraton Turin di Italia, Marathon Koeln di Jerman, dan Maraton Venesia di Italia.

3. KELAS PERUNGGU

Kelas perunggu terdiri dari 3 lomba, yaitu: Maraton Pyongyang di Korea Utara, Maraton Beirut di Lebanon, dan Maraton Valencia di Spanyol.

Perlombaan marathon lahir pertama kali saat pesta olahraga Olympic di Athena, Yunani tahun 1896 dan diikuti oleh 17 peserta yang berlari sejauh 24,8 mil dari Marathon Bridge dan berakhir di Olympic Stadium. Hingga saat ini, rekor pelari marathon pria tercepat dipegang oleh Patrick Makau Musyoki, (26) dari Kenya. Ia pernah menjadi juara pertama saat perlombaan marathon di Berlin, Jerman serta di Rotterdam, Belanda. Sedangkan untuk pelari marathon wanita tercepat di dunia dipegang oleh Paula Radcliffe (37) dari London, Inggris. Predikat itu ia sabet dengan perolehan waktu 2 jam 15 menit 25 detik.

(lyd/rut)

Related Posts