Alberthiene Endah: Menulis adalah Keahlian yang Membanggakan

Gemintang.com Nama Alberthiene Endah semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya para pecinta novel dan buku biografi karena keproduktifannya dalam menghasilkan karya tulis. Wanita kelahiran 16 September ini telah jatuh cinta pada dunia tulis menulis sejak dirinya masih kecil. Kini terhitung puluhan karya dari wanita yang akrab di panggil AE ini telah terbit dan bahkan pernah diadaptasi menjadi sebuah film.

Memulai debut menulisnya pada tahun 1993, AE -sapaan akrabnya- telah membayangkan sejak kecil betapa bangganya jika ia menjadi seorang penulis. Namun seiring berjalannya waktu, ia menyadari bahwa penghasilan sebagai seorang penulis tidak seberapa dan malah bisa dikatakan lebih baik dari seorang karyawan.

“Padahal menurut saya, seorang penulis tidak berbeda dengan seorang dokter maupun pengacara. Ia memiliki keahlian yang mesti dihargai.” Ucap AE. Ia juga berujar bahwa penulis memiliki skill yang harus dihargai. Karena pemikiran itulah AE berhasrat untuk menjadikan profesi menulis menjadi sebuah profesi yang membanggakan.

“Menulis mempunyai arti yang sangat mendalam bagi saya. Writing is a great skill.”  Tambahnya.

Apa yang diinginkannyapun rupanya tak hanya sekedar kata-kata. Melalui tangan dinginnya ia berhasil menciptakan sederet novel-novel mulai dari yang bergenre teenlit, metropop hingga buku-buku biografi.

Buku-buku biografi yang pernah ditulisnya antara lain biografi Krisdayanti – One Thousand and One KDs, produser Raam Punjabi – Raam Punjabi’s Life on the Stage, Mimpi Sejuta Dollar-nya Merry Riana, hingga biografi seorang isteri fotografer kepresidenan, Meuthia Rizki berjudul Memeluk Mimpi Mendayung Harapan.

Wanita pecinta anjing ini mengaku bahwa perjalanan kariernya menulis biografi dimulai dari keputusan yang tidak biasa. “Saya memutuskan cuti panjang untuk menyelesaikan buku biografi tentang Krisdayanti. Tapi justru karena hal itu banyak rezeki yang mengalir kepada saya.” Kenang AE.

Menurutnya, jika kita punya kemauan akan sesuatu, maka lakukanlah. Jangan terlalu banyak pertimbangan, karena hal tersebut justru akan membuat hal tersebut tidak berjalan.

“Kita tidak pernah tahu apakah kita akan sukses atau tidak jika kita belum mencobanya. Percayalah, jalan itu tercipta sendiri.” Ucap AE sekaligus menasihati orang-orang yang ingin terjun kedalam dunia tulis menulis.

foto: metrotvnews.com

(ysf/rut)

Related Posts