Awal Karier Josh Groban

Gemintang.com – Apakah kamu pernah mendengar lagu “You Raise Me Up”? Lagu ini mulai populer di tahun 2003 dan sampai saat ini pun masih sering diperdengarkan di berbagai media dengan berbagai versi. Tembang ini dibawakan oleh Josh Groban. Pria berzodiak Pisces ini memiliki banyak hal yang membuat para fansnya bangga dan kagum dengannya.

Kalau kamu bertanya siapa sih Josh Groban itu? Ia bukan hanya seorang penyanyi, tapi juga penulis lagu dan pemain teater. Langsung disimak saja awal perjalanan karier pria kebangsaan Amerika ini.

Joshua Winslow Groban dilahirkan pada 27 Februari 1981 di Los Angeles, California. Sejak kecil ia besar dan dekat dengan musik. Dari musik rock sampai teater musikal pernah ia pelajari. Cinta kedua orang tua Josh akan musik, seni, dan teater ternyata menurun pada Josh.

Debut menyanyi solo pertama Josh adalah ketika ia kelas 7 tampil dalam kabaret sekolah. Ibunya yang mendengar dari ruang gedung terkesima ketika tahu bahwa itu suara Josh, dan itulah yang membuat Josh mendapat dukungan untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah seni.

Di sekolah, Josh terkenal karena penampilannya dalam tiap teater musikal sekolah. Inilah yang mendorong gurunya mengirimkan suara rekaman Josh ke produser David Foster. Suatu hari, Josh diminta Foster untuk menggantikan Andrea Bocelli untuk latihan “the Prayer” bersama Celine Dion dalam gladibersih Grammy Award. Kemudian ia juga kembali membawakan lagu ini dengan Nita Whitaker dalam acara Presiden Clinton.

Kebetulan seorang produser film, David E. Kelly juga menonton penampilan Josh dan memberi Josh satu scene dalam filmnya “Ally McBeall”. Suara Josh yang sungguh luar biasa mengundang ribuan orang mencari tahu siapa dia.

Banyak yang merasa tidak percaya kalau Josh benar-benar menyanyi dengan suaranya sendiri. Inilah awal terbentuknya Grobania, fans Josh Groban.

Akhirnya single pertama Groban bertajuk “Josh Groban” diluncurkan, dengan lagu “For Always” kolaborasi dengan Lara Fabian untuk soundtrack film “AI: Artificial Intellegence”. Ia pun langsung diundang ke berbagai acara show seperti Oprah, Good Morning America, The Tonight Show, the View, The Today Show, dan Larry King Live.

Puncaknya adalah Josh diberi mandat untuk menjadi penyanyi pembuka olimpiade 2002 dengan Charlotte Church. Tahun itu pun DVD live konsernya menjadi bestseller DVD.

Awal Kesuksesan Josh Groban

Di akhir 2003, Josh meluncurkan album “CLOSER” yang langsung menjadi hit dengan lagu “You Raise Me Up”. Album ini mendapat 6 platinum dan membuat Josh meraih berbagai macam penghargaan. Ternyata, ini hanyalah awal kesuksesan karier Josh dalam dunia musik. Sejak itu setiap album Josh selalu dinanti dan selalu mendapat sambutan hangat para penikmat musik.

Tahun 2006, Josh kembali mengeluarkan album bertajuk “Awake” yang didorong oleh proyeknya bersama Nelson Mandela dalam perjuangan melawan AIDS. Tahun 2007, Josh memberi gift manis untuk penggemarnya dalam album natal Josh, “Noel”. Album ini termasuk dalam hal-hal favorit Oprah untuk natal.

Karya Josh berlanjut dengan meluncurkan album “Illuminations” di tahun 2010 dan “All That Echoes” di tahun 2013. Dalam tiap albumnya Josh menuangkan ide, preferensi musik, kepribadian dan perhatiannya. Dengan karier musik yang terus menanjak dan tawaran manggung dimana-mana ternyata tidak merubah karakter Josh dan cintanya akan dunia tarik suara.

Menurut Josh, semakin lama ia semakin mengerti pentingnya sebuah chemistry antara penyanyi dan penonton dan bagaimana lagu yang tepat dapat menyampaikan pesan dengan maksimal. Kita tunggu album-album dan lagu-lagu gubahan Josh berikutnya ya, Sobat Gemintang.

foto: joshgroban.com

(ldy/rut)

Related Posts