Andi F. Noya: Mulai dari Wartawan Hingga Presenter

Gemintang.com – Tahukah Sobat tentang seorang wartawan, jurnalis sekaligus presenter handal bernama Andi F. Noya? Andi F. Noya adalah seorang wartawan yang namanya mulai meroket setelah membawakan sebuah acara talkshow di sebuah stasiun televisi swasta berjudul ‘Kick Andy’.

Pria berdarah Ambon ini lahir pada tanggal 6 November 1960. Terlahir dari keluarga sederhana dari seorang ayah bernama Ade Wilhelmus Flores Noya sebagai tukang servis mesin ketik dan ibu, Nelly Mady Ivonne Klaarwater yang merupakan seorang penjahit, Andi tumbuh sebagai anak bungsu dari lima bersaudara.

Terlahir sebagai anak bungsu, Andi kecil tumbuh sebagai anak yang nakal. Dia sering tidak pulang ke rumah karena ikut teman-temannya mencuri mangga dan burung dara untuk dijual dan uangnya digunakan untuk jajan. Tapi hebatnya, kenakalannya tersebut tidak membuat nilai akedemiknya buruk. Bahkan dia berhasil menjadi salah satu siswa lulusan terbaik di STM N 6 Jakarta.

Sejak kecil, Andi sudah tertarik dengan dunia tulis menulis, bahkan ia juga pandai menggambar.  Dia sempat memenangkan lomba menulis dan menggambar karikatur saat usianya masih sangat muda.  Atas ketertarikannya terhadap dunia tulis menulis tersebut, Andi memutuskan untuk menekuni karir sebagai seorang wartawan. Untuk itu dia memilih untuk melanjutkan kuliah disalah satu sekolah wartawan bernama Sekolah Tinggi Publisistik (STP) di Jakarta.

Walau sempat ditolak karena faktor administrasi (Andi lulusan STM saat itu), dirinya tidak patah arang dan mencoba mencari dukungan, hingga akhirnya dia mendapatkan rekomendasi dari Dirjen Pendidikan Tinggi dan berhasil masuk di STP Jakarta.

Namun, belum sempat menyelesaikan kuliahnya Andi mendapatkan tawaran bekerja sebagai reporter di majalah Tempo. Setelah itu Andi menghentikan kuliahnya dan berniat serius memulai karir wartawannya.

Andi sempat menaungi beberapa majalah besar, sebelum akhirnya menjadi pemimpin redaksi di Metro TV. Saat itulah dirinya mulai mendalami dunia jurnalistis. Hingga akhirnya Andi dipercaya untuk menjadi host sebuah acara talkshow berjudul “Kick Andy” yang semakin mengangkat namanya.

(tut/rut)

Related Posts