Berkenalan Lebih Jauh dengan Martin Freeman

Gemintang.com – Namanya mungkin asing bagi sebagian orang, tapi tidak halnya bagi penyuka serial Sherlock Holmes keluaran BBC. Martin Freeman yang memiliki nama lengkap Martin John C. Freeman adalah seorang aktor Inggris. Freeman dilahirkan di Aldershot, Hampshire pada tanggal 8 Februari 1971.

Dia adalah anak bungsu dari lima bersaudara dari pasangan Geoffrey (ayah) dan Philomena (Ibu). Freeman harus berpisah dengan ibunya sejak kecil dan saat usianya sepuluh tahun dia kehilangan sang ayah yang meninggal karena serangan jantung.

Sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk bergabung dalam The Hobbits, Freeman sudah banyak berkarir di perfilman Inggris. Freeman sendiri bisa dikatakan sudah berperan sebanyak delapan belas kali dalam serial televisi, empat belas kali dalam dunia teater, dan beberapa film baik layar lebar atau pendek.

Bermula dengan berperan dalam serial televisi The Bill dan This Life pada tahun 1997. Dia mulai dikenal sejak perannya dalam serial The Office sebagai Tim Canterbury dari tahun 2001-2003. Serial televisi lainnya yang berhasil mengangkat namanya adalah Black Books (cameo, 2000), Charles II: The Power and The Passion (2003), Hardware (2003-2004), The Robinsons (2005), Boy Meets Girl (drama komedi, 2009). Sebelum akhirnya berperan sebagai Dr. John Watson dalam serial Sherlock Holmes (2010) yang semakin mengangkat namanya.

Sedangkan untuk dunia teater, dia makin dikenal lewat perannya dalam The Last Laugh di tahun 2007. Karirnya dalam dunia film dimulai dengan I Just Want to Kiss You (film pendek, 1998), Love Actually (2003), Shaun of the Dead (2004), Hot Fuzz (cameo, 2007), The All Together (2007), The Girl is Mime (2010, film pendek). Kepiawaian dia dalam berakting pun kembali akan mendapat perhatian lewat perannya sebagai Bilbo Baggins dalam trilogi The Hobbits: An Unexpected Journey, The Desolation of Smaug, There and Back Again. Yang dalam waktu dekat ini dapat dinikmati adalah An Unexpected Journey.

Beberapa macam nominasi dikantunginya. Diantaranya Best Comedy Actor (The Office; 2002) dalam British Comedy Awards, Best Comedy Performance and Best TV Comedy Actor (The Office Spesial Natal; 2002), Best Cast (Love Actually; 2004) dalam Phoenix Film Critics Society, Best Male Comedy Performance (Hardware; 2004) dalam Rose d’Or dan memenangkannya, Best Supporting Actor (Sherlock; 2011) dalam BAFTAs dan berhasil menang, Outstanding Supporting Actor in a Miniseries or a Movie (Sherlock dalam episode A Scandal in Belgravia) dalam Primetime Emmy Award.

Tidak begitu banyak informasi yang didapat dari kehidupan pribadinya. Yang pasti, sekarang ini Freeman tinggal di Hertfordshire dengan istri, Amanda Abbington seorang aktris, dan kedua anaknya. Dia bertemu dengan Amanda dalam Men Only pada tahun 2000.

foto: theaustralian.com.au

(ldy/sil)

Related Posts