Elvis Presley dan Sejarah Musik Rock and Roll

Gemintang.com – Penyanyi kenamaan sekaligus aktor Amerika, lahir pada 8 Januari 1935 di Tupelo, Massissippi, dialah Elvis Aaron Presley. Seorang ikon budaya yang juga musisi terkenal di abad ke-20 berkat suaranya yang sangat memesona. Kesuksesannya sangat luas meliputi berbagai genre, termasuk balada pop, country, gospel, dan blues.

Tak banyak yang tahu bahwa Jesse Garon Presley, saudara kembar identik Elvis diberitakan telah meninggal 35 menit sebelum kelahirannya. Maka dari itu, sebagai anak tunggal, Elvis menjadi dekat dengan kedua orangtua dan membentuk ikatan yang luar biasa ketat dengan ibunya. Di umur ke 13 tahun, Elvis pindah dari kota kelahirannya ke Memphis, Tennessee.

Pada 1941, Elvis mendapatkan gitar sebagai hadiah di hari ulang tahunnya. Padahal, sebetulnya ia sangat berharap pemberian itu dapat berupa sepeda atau senapan. Elvis kecil adalah anak yang pemalu, sambil belajar memainkan gitarnya ia berikrar untuk tidak akan pernah menyanyi di depan umum, karena ia tak berani tampil di depan banyak orang.

Memasuki sekolah baru, Milam, pada September 1946, Elvis dianggap sebagai penyendiri. Ketika guru musik mengatakan bahwa ia tidak memiliki bakat menyanyi, ia pun mulai membawa gitarnya dan bernyanyi setiap jam makan siang untuk membuktikan hal sebaliknya.

Mulanya Elvis terlalu malu untuk melakukan hal secara terbuka didepan umum. Bahkan ia pun sebenarnya tak jarang mendapat intimidasi dan dikatakan “anak mama” dari teman sekelasnya. Namun pada tahun 1950, di bawah asuhan Jesse Lee Denson, tetangga yang 2 tahun lebih tua darinya, Elvis pun mulai berlatih gitar secara teratur.

Selama tahun pertama, Elvis mulai menonjol diantara teman-teman sekelasnya berkat keberhasilan dalam kompetisi Humes pada April 1953. Sejak saat itu, Elvis dijuluki gila musik oleh Slim, adik teman sekelasnya. Dan Elvis lalu mengajarkan Slim beberapa teknik akord.

Saat Slim berusia 12 tahun, ia dijadwalkan memiliki dua pertunjukkan. Elvis yang saat itu bergabung untuk pertama kali sempat mengalami demam panggung, namun ia berhasil melakukan itu di minggu berikutnya.

“Aku tidak populer disekolah, bahkan aku gagal dalam hal bermain musik untuk pertama kali. Namun justru aku menemukan keahlianku pada hal yang telah membuatku jatuh dan gagal itu. Ketika aku menaiki panggung dan mendengar gemuruhnya orang-orang, itu menakjubkan bila aku menjadi populer setelahnya. Dan inilah yang membuatku akhirnya mau bekerja keras.”

Karier Elvis pun akhirnya bermula saat dirinya bekerja sama dengan Sun Records, pemilik Sam Philips yang menginginkan musik Afrika-Amerika dapat didengar secara lebih luas. Bersama gitaris Scotty Moore dan basis Bill Black, mereka menorehkan kejayaan musik rock.

Sampai Elvis menyetujui kontrak RCA Victor yang disusun oleh Kolonel Tom Parker, disepakatilah kerjasama selama 2 dekade. Single RCA pertama Elvis berjudul “Heartbreak Hotel” dirilis pada Januari 1956. Sejak saat itu, Elvis menjadi figur pemimpin rock and roll baru terpopuler berkat keberhasilannya mencapai tingkat teratas tangga lagu.

Energi yang ia miliki telah mampu menginterpretasikan lagu dari banyak sumber Afrika-Amerika. Dan pada tahun 1956 barulah Elvis memulai film pertamanya yang berjudul “Love Me Tender”. Sempat menjalani dinas militer pada tahun 1958, Elvis kembali luncurkan karyanya dua tahun kemudian dengan hasil yang tak kalah memuaskan.

Fokusnya adalah di tahun 1960-an. Elvis dipandu oleh Parker sukses menggelar beberapa konser dan merampungkan film Hollywood berikut album soundtracknya. Namun ternyata, kebanyakan dari masyarakat justru memberikan nilai yang kritis bahkan mencemooh saat itu.

Duka yang Mendalam

Pada 1977 adalah tahun yang kelam bagi pecinta musik Elvis. Ia meninggal dan seorang wartawan menuliskan bahwa kematiannya adalah karena penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Namun pada pertengahan 1994, proses otopsi pun dilakukan sampai akhirnya Koroner Dr Joseph Davis menyatakan, “Tidak ada dalam salah satu data yang mendukung bahwa kematian adalah dikarenakan narkoba.

Bahkan, semuanya menunjuk kepada alasan karena serangan jantung mendadak.” Dan sampai saat ini, kebenaran akan hal ini sesungguhnya masih dipertanyakan. Pada akhirnya, kita dapat menarik kesimpulan, bahwa tak ada satu pun keberhasilan yang akan datang tanpa usaha. Peluang keberhasilan pun tak mesti selalu ada dari hal yang kita suka.

Musisi seperti halnya Elvis Presley bisa dikatakan Great Music Stars, Great Music Bands, and Great Singers of ever. Dan julukan sebagai penyanyi legenda seperti dirinya belum tentu bisa disandang walau oleh penyanyi kenamaan seperti Justin Bieber ataupun Lady Gaga. Keduanya berbakat, bertalenta dan sama populernya. Tapi untuk bisa melegenda, Elvis Presley bukankah bisa menjadi inspirasi Anda?

foto: ohmymag.com

(mir/rut)

Related Posts