Endah N Rhesa, Pasangan Suami Istri yang Kompak Diatas Panggung

Photo by radioscreamer.com

Gemintang.com – Siapa sangka, seorang wanita bernama Endah Widiastuti (29) yang kala itu bergabung dalam band bergenre rock bertemu dengan seorang pria yang ternyata merupakan calon suaminya, Rhesa Aditya (29). Dipertemukan dalam dunia musik membuat Endah dan Rhesa mengenal satu sama lain yang pada akhirnya membuat mereka menjadi pasangan suami isteri yang selalu kompak diatas panggung dalam grup duo.

Tahun 2004, mereka memutuskan untuk keluar dari band tersebut dan memulai karier bermusik bersama-sama. Terbentuknya Endah N Rhesa ini membuat keduanya dapat menyalurkan sisi idelisme mereka dalam bermusik. Dan pada tahun 2005 mereka pun merilis album yang berjudul “Nowhere We Go”  dengan nuansa klasik yang keselurahan albumnya ditangani oleh mereka berdua. Kemudian tahun 2006 Endah N Rhesa menelurkan mini album berjudul “Real Life”.

Kerja keras mereka dalam bermusik ternyata tidak sia-sia. Pada tahun 2009 mereka mendapat kesempatan dari label indie Jakarta yaitu deMajor Independen Music Industry untuk merilis album “Nowhere To Go” secara resmi dengan merekam ulang lagu-lagu yang ada di album tersebut dengan kualitas audio yang lebih baik. Lagu berjudul “When You Love Someone” dan “I Don’t Remember” menjadi hits di album tersebut.

Seiring kebersamaan mereka dalam berkarier, ternyata hal tersebut telah menimbulkan benih cinta hingga pada akhirnya, 5 Desember 2009 keduanya memutuskan untuk menikah. Namun karier bermusik Endah dan Rhesa tidak sampai disitu saja. Semakin lama mereka semakin merasakan pahit manisnya dunia musik.

Pada tanggal 26-29 Januari lalu, Endah N Rhesa mendapat kesempatan tampil di Midem (Marche International du Disque et de l’Edition Musicale) Festival 2013 di Cannes, Perancis. Dimana festival ini merupakan penampilan para musisi-musisi indie dunia yang terpilih.

Endah N Rhesa menjadi musisi ke-11 yang terpilih saat itu. Sebelumnya juri hanya memilih 10 kandidat, namun karena Endah N Rhesa memperoleh hasil poling diluar ekspektasi, mereka pun diminta untuk tampil di festival musik internasional tersebut mewakili tanah air.

Berhubungan dengan itu, Endah dan Rhesa mengajukan permohonan dana pada kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif, namun mendapat penolakan karena dana yang diminta tidak bisa dengan cepat diberikan.

Melihat hal ini, musisi Glen Fredly dan Tompi bersimpati dan berinisiatif menggalang dana untuk memberangkatkan Endah N Rhesa mewakili Indonesia dalam festival musik tersebut. Awalnya Endah berencana ingin menjual mobilnya untuk biaya ke Perancis. Namun tanpa disangka musisi-musisi lainnya serta para pecinta musik Endah N Rhesa rela menggalang dana untuk keberangkatan mereka.

Kehadiran Endah N Rhesa dalam ajang ini merupakan suatu pembuktian bahwa mereka bermusik dengan totalitas sekaligus memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia mempunyai banyak musisi-musisi kreatif. Hal ini juga merupakan impian terdahulu mereka. Maka tak heran jika grup duo yang membawakan lagu “When You Love Someone” di festival Midem, Perancis ini senang luar biasa.

“6 Tahun yang lalu poster festival musik Midem cuma terpampang di kamar. Dan sekarang bisa jadi kenyataan.” Ucap Endah. Sebelumnya, grup indie White Shoes And The Couples Company yang berkesempatan mewakili Indonesia dalam festival musik di Midem.

Bukan hanya itu, Endah N Rhesa juga berpartisipasi dalam film Cinta Dalam Kardus besutan Salman Aristo yang dibintangi oleh aktor kocak Raditya Dika sebagai pengisi soundtrack sekaligus mendapat bagian untuk berakting sebagai penyanyi.

Dan tidak lama lagi, September 2013 Endah N Rhesa berencana untuk meresmikan sebuah tempat untuk para Earfriends (sebutan untuk fans Endah N Rhesa) yang diberi nama Earhouse sebagai tempat kumpul-kumpul mereka. Selain untuk tempat berkumpul antara fans dengan idolanya, Earhouse juga digunakan sebagai tempat nongkrong dan untuk menaruh segala benda-benda pemberian dari para fans Endah N Rhesa.

Semoga Endah N Rhesa bisa semakin sukses dan semakin kreatif dalam bermusik, ya.

(asa/rut)

Related Posts