Peringatan Kemerdekaan Ala Iwan Fals

Photo by deviantart.com

Gemintang.com – Peringatan kemerdekaan tidak hanya ditandai dengan berbagai macam lomba dan meriahnya pernak-pernik merah-putih di pinggir jalan. Di HUT RI ke-68 ini, penyanyi kondang Iwan Fals juga ingin berbagi cerita. Dalam memperingati HUT RI sekaligus menyambut HUT OI (Orang Indonesia) yang ke-14, Iwan Fals menggelar konser di rumah kediamannya di Depok, Jumat (16 Agustus) malam.

Malam itu, konser dibuka dengan ritual palang pintu. Ritual ini biasanya dilakukan dalam adat pernikahan ala Betawi, namun Bang Iwan hanya ingin mengingatkan masyarakat akan berbagai kebudayaan Indonesia. Tidak hanya itu saja, suara rentetan petasan dan tabuhan marawis juga mewarnai pembukaan konser malam itu. Diikuti dengan sahut-sahutan pantun dan peragaan pencak silat. Semua ini sengaja dilakukan demi melestarikan budaya nasional yang sudah banyak dilupakan.

Selain konser, beragam acara juga dilaksanakan demi memeriahkan peringatan HUT RI tahun ini. Dari bakti sosial, bercocok tanam, diskusi umum, sampai renungan malam semua dibawakan mengusung tema peringatan kemerdekaan dan pelestarian alam dan budaya Indonesia. Dalam diskusi umum bertema “Menata Jati Diri’ ini dipimpin budayawan nasional, Emha Ainun Najib.

Acara peringatan kemerdekaan ini dihadiri ratusan penggemar Iwan Fals yang antusias dan bersemangat dari seluruh penjuru Jabodetabek. Melalui acara ini, Iwan Fals berharap dapat memberikan sumbangsih pada negeri. Musisi berusia 52 tahun ini berharap perekonomian Indonesia membaik dan berbagai budaya dan adat di Indonesia terus dipelihara dan dilestarikan.

(lyd/rut)

Related Posts