James Morrison, Stevie Wondernya Inggris

Gemintang.com – Mungkin Sobat Gemintang pernah mendengar tembang apik Undiscovered yang rilis di tahun 2006 di Inggris dan 2007 di Amerika, ini merupakan debut penyanyi asal Inggris James Morrison. Tembang apiknya ini membuat nama James Morrison mulai dikenal di belantika musik internasional. Sampai saat ini, James Morrison telah menelurkan 3 buah album yang semuanya menjadi best seller. Mau tahu rahasia kesuksesan penyanyi asal Inggris ini?

James Morrison merupakan pria kelahiran Rugby, Inggris pada 10 Juli 1984. Kecintaannya pada dunia musik mulai tampak di usia 13 tahun dimana ia mulai belajar bermain gitar. Kecintaan ini berlanjut dan mendorongnya untuk membentuk band sekolah ketika ia masih 16 tahun. Inilah awal ekpresi cinta Morrison untuk dunia musik terlaksana.

Debut Morrison di dunia musik adalah ketika CD demonya didengar oleh produser musik Martin Terefe yang membawanya ke dunia rekaman. Juli 2006 menjadi debutnya di dunia musik Inggris dengan album Undiscovered. Album ini langsung laris di pasaran dan membuat James Morrison menjadi bintang pop baru di Inggris.

Kesuksesan Morrison di Inggris membuatnya dilirik banyak produser musik di Amerika. Selain itu, lirik-lirik lagu Morrison yang sederhana dan suaranya yang serak nan memikat membuat banyak penyanyi ingin berkolaborasi dengannya. Beberapa penyanyi papan atas yang pernah berkolaborasi dengan penyanyi 30 tahun ini adalah Jason Mraz dalam Details in the Fabric danNelly Furtado dalam Songs for You, Truths for Me dan Broken Strings.

Gaya menyanyinya yang penuh penghayatan membuat James Morrison disebut sebagai Stevie Wondernya Inggris. Walau sebanarnya warna musiknya banyak juga dipengaruhi penyanyi-penyanyi lain seperti Ray Charles, Bob Seger, Rod Stewart, dan Joe Cocker. Tidak heran bila tiket konser atau tur arenanya selalu ludes terjual dan ia dianugrahi sebagai Best British Male Solo Artist. Yuk, kita tunggu karya-karya Morrison berikutnya.

foto: jamesmorrisonmusic.com

(ldy/rut)

Related Posts