Kisah Sukses David Karp, Si Pendiri Tumblr

Gemintang.com – Senang mengoperasikan media sosial bernama Tumblr? Bentuknya yang merupakan gabungan antara Twitter, Youtube, dan WordPress menjadikan Tumblr sebagai salah satu media sosial favorit pengguna internet, terutama para kawula muda. Dengan mengoperasikan media sosial ini, kamu bisa mencari berbagai gambar, tulisan, hingga video dalam satu situs online saja. Menarik, bukan? Tapi pernahkah kamu memikirkan siapa penemu media sosial ini?

Dari dalam kamar seorang pemuda bernama David Karp, media sosial yang kini digunakan oleh 230 juta orang di dunia tercipta. Sukses mendirikan Tumblr tidak otomatis membuat Karp sukses di bidang akademik. Pemuda kelahiran 6 Juli 1986 ini tidak menyelesaikan pendidikannya di Bronx Science High School, New York.

Setelah satu tahun mengenyam pendidikan di Bronx Science High School, Karp keluar dan memilih homeschooling. Menurut Karp, berkaitan dengan keinginannya melanjutkan pendidikan ke universitas di New York atau MIT, keputusannya untuk homeschooling sembari melakukan proyek lain merupakan salah satu jalan untuk membuat universitas-universitas pilihannya terkesan.

Meskipun tidak melanjutkan pendidikan formal, Karp tetap menekuni bidang yang ia sukai yaitu teknik komputer. Pekerjaan pertamanya dalam bisnis desain website ia lakukan segera setelah menguasai HTML pada usia yang ke-11. Inilah titik di mana Karp memulai awal perjalanan kesuksesannya.

Jalan Panjang Menuju Kesuksesan

Sebelum meraih kesuksesan dengan Tumblr yang ia ciptakan bersama karyawan pertamanya bernama Marco Arment, Karp sempat bekerja di sebuah perusahan produsen animasi bernama Fred Seibert yang merupakan pendiri Frederator Studios saat ia berusia 14 tahun.

Dari salah satu pekerja Frederator, Karp kemudian direkomendasikan pada UrbanBaby, sebuah forum orangtua online dimana ia bekerja hingga situs itu diambil alih oleh CNET tahun 2006. Saat itulah pria berzodiak Cancer ini mulai merintis bisnis konsultasi perangkat lunaknya sendiri sembari menciptakan Tumblr.

Memang benar, David Karp sukses menerbitkan Tumblr di usianya yang masih tergolong muda. Namun jangan dikira ia tak bekerja keras untuk itu. Pada theguardian.com Karp menceritakan berbagai pengalaman sulit dalam mengatasi para kliennya di masa-masa awal ia membangun karier.

Karp mengaku awalnya ia pikir ia telah menciptakan sesuatu yang sangat keren, dimana ia tak perlu mencari uang untuk mengurusnya dan juga tak perlu menjualnya, karena dari Tumblr ia sudah mendapat banyak klien untuk bisnis konsultasi software yang dirintisnya. Pemikirannya memang benar terjadi, namun hanya di bulan-bulan awal.

Tak lama setelah itu, semakin banyak klien marah dan meninggalkannya karena ia tak merespon panggilan-panggilan telepon dari klien-klien tersebut. Akhirnya Karp menutup bisnis konsultasi tersebut pada bulan Oktober 2007. Pada tanggal 20 Juni 2013 Tumblr resmi diakuisisi oleh Yahoo dan Karp tetap menjadi CEO utamanya.

Pantang Menyerah, Pantang Terlalu Cepat Puas

Setelah menjual Tumblr pada Yahoo sebesar satu miliar dolar, dalam satu wawancara Karp mengaku bahwa dirinya belum merasa sukses. Ia perlu menggali lebih dalam lagi potensi yang ada dirinya demi menciptakan berbagai inovasi baru. Ia juga besyukur untuk pekerjaan yang terus menantang dirinya.

Hm, merasa tertantang untuk jadi sesukses David Karp, Sobat?

foto: tumblr.com

(nab/rut)

Kisah Sukses David Karp, Si Pendiri Tumblr silky

Review

Kisah Sukses David Karp, Si Pendiri Tumblr

Summary: Kisah Sukses David Karp, Si Pendiri Tumblr

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts