The Imitation Game, Perjalanan Hidup Sang Matematikawan

Gemintang.com – Bingung ingin menonton film apa di akhir pekan kali ini? Kalau begitu, coba deh tonton The Imitation Game yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Diangkat dari kisah nyata, film ini menceritakan tentang kehidupan seorang matematikawan, kriptoanalis sekaligus ilmuwan komputer Inggris bernama Alan Turing yang berperan penting dalam memecahkan kode Enigma Nazi semasa Perang Dunia Kedua.

Bersama rekan-rekan satu timnya, John Cairncross (Alan Leech), Hugh Alexander (Matius Goode), Peter Hilton (Matthew Beard) dan Joan Clarke (Keira Knightley), Alan Turing (Benedict Cumberbatch) berjibaku dengan waktu untuk memecahkan kode tersebut.

Sejarah mencatat tahun 1939-1945 Jerman sangat berkuasa di Eropa. Jika saja tentara dari negara-negara Sekutu di Perang Dunia Kedua tidak bergabung untuk menghentikan usaha Hitler, tentu pemimpin Nazi tersebut sudah memegang kendali penuh atas negara-negara di Eropa.

Penentu kemenangan Sekutu di Perang Dunia Kedua bukan hanya karena strategi dan kelengkapan alat perang, tetapi juga informasi intelijen yang akurat. Disinilah peran Alan Turing dkk terlihat. Ia ditunjuk sebagai pemimpin tim Kriptografi untuk memecahkan teka-teki pesan yang diretas dari pusat komando Jerman ke tentara Nazi. Namun, masalah awal kepemimpinannya bukan terletak dari seberapa lihai Alan memecahkan kode-kode tersebut, tetapi kemampuannya bersosialisasi dengan rekan-rekan satu timnya.

Semasa kecil, Alan merupakan korban bullying di sekolah dan hanya memiliki satu orang teman lelaki bernama Christopher yang selalu menolongnya tiap kali ia ditindas. Hal inilah yang membuat lingkungan pertemanan Alan amat sempit dan menyulitkan dirinya dalam bergaul dengan orang-orang di sekitar sehingga mempengaruhi orientasi seksualnya. Dibantu oleh Joan Clarke, perlahan Alan pun dapat mengatasi hambatan demi hambatan yang mesti dihadapi.

Namun masalah tidak berhenti sampai disitu, Alan masih harus menghadapi serangkaian kendala dalam memecahkan kode Enigma mulai dari anggaran dana yang ia buat untuk membuat mesin yang digunakan dalam memecahkan kode-kode tersebut hingga rekan satu timnya yang ternyata merupakan mata-mata agen rahasia dari Rusia.

Lalu bagaimana kisah kelanjutan usaha Alan Turing dkk dalam memecahkan kode Enigma? Apa yang terjadi dalam kehidupan Alan setelah kode tersebut terpecahkan? Untuk tahu kelanjutannya, silakan Sobat tonton film ini di bioskop-bioskop kesayangan kamu.

Alur cerita film The Imitation Game dikemas secara apik oleh sutradara Morten Tyldum. Akting Benedict Cumberbatch yang lekat dengan perannya sebagai Sherlock Holmes pun sangat memukau serta penuh dengan daya tarik. Tak heran jika para kritikus film luar negeri memuji akting pria tampan ini.

Dan seperti film-film lainnya, jika dicermati film The Imitation Game membawa pesan-pesan tersembunyi seperti propaganda kaum homoseksual dan atheisme. Hal tersebut ditandai dari salah satu narasi Alan yang berbunyi: Kami memang bukan Tuhan, Tuhan tidak memenangkan perang, tapi kamilah yang memenangkan perang.

Hingga saat ini, film yang diproduseri oleh Nora Grossman, Ido Ostrowsky, dan Teddy Schwarzman berhasil memenangkan penghargaan di Festival Film Internasional Toronto ke-39 dan Festival Film Internasional Hamptowns 2014.

The Imitation Game

Produksi: Oscar Faura.

Sutradara: Morten Tyldum.

Produser: Nora Grossman, Ido Ostrowsky, Teddy Schwarzman.

Penulis Naskah: Graham Moore.

Pemain: Benedict Cumberbatch, Keira Knightley, Matthew Goode, Mark Strong, Charles Dance, Allen Leech, Matthew Beard, Rory Kinear.

foto: teaser-trailer.com

(rut/rut)

The Imitation Game, Perjalanan Hidup Sang Matematikawan silky

Review

The Imitation Game, Perjalanan Hidup Sang Matematikawan

Summary: The Imitation Game, Perjalanan Hidup Sang Matematikawan

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts