Memilih Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Wanita

Gemintang.com – Olahraga adalah kegiatan yang tak boleh ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, olahraga juga memberi efek yang baik bagi produktivitas tubuh. Sayangnya, kebanyakan wanita justru bingung menentukan olahraga yang tepat untuknya.

Yup, khusus bagi para wanita, penting untuk menentukan tujuan saat melakukan salah satu jenis olahraga. Apakah ingin menjaga berat badan, membentuk otot, atau sekadar menjaga kebugaran tubuh? Nah, setelah kamu menentukan tujuan, barulah kamu bisa menentukan olahraga apa yang paling tepat untuk dijalani. Olahraga apa yang paling tepat untukmu? Simak diartikel ini, ya!

1. Yoga

Saat ini olahraga yoga memang tengah populer. Tapi bukan berarti kamu bisa langsung ikut-ikutan tren. Yoga bisa meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan, tapi yoga tidak bisa membakar lemak atau menurunkan berat badan. Pasalnya, gerakan-gerakan dalam olahraga ini tidak memacu denyut jantung.

Yoga sangat tepat dipilih jika kamu ingin meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. Khusus bagi wanita yang bekerja kantoran dan terbiasa menghabiskan sehari-harinya di meja kerja, yoga dapat membantu menguatkan tulang dan melenturkan otot-otot tubuh.

2. Zumba

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, olahraga zumba adalah pilihan yang tepat. Olahraga ini melibatkan seluruh bagian tubuh sehingga dalam satu jam zumba akan ada 500 kalori yang terbakar.

Menjalani olahraga ini juga akan terasa menyenangkan karena gerakannya berupa tarian yang bisa membuatmu lebih bersemangat. Bagi kamu yang mudah bosan saat berolahraga, olahraga zumba sangat cocok dijadikan pilihan.

3. Booxing boot camp

Booxing boot camp atau singkatnya disebut tinju adalah salah satu jenis olahraga yang juga disarankan bagi wanita. Olahraga ini selain bisa menurunkan berat badan, juga bisa mengencangkan otot dan melatih kecepatan serta melatih koordinasi tubuh.

Di kelas tinju, kita akan dilatih untuk memukul karung tinju hingga beradu pukul dengan teman. Tapi tenang saja, olahraga ini tidak akan berbahaya jika ada instruktur yang mendampingi kita selama berolahraga.

4. Bar method

Olahraga yang satu ini umumnya dilakukan di dalam kelas tari. Caranya adalah dengan duduk di lantai kemudian satu kaki diangkat lurus ke atas. Jangan kira olahraga ini tergolong ringan, karena justru kamu akan sangat berkeringat ketika melakukan gerakan ini. Selain melatih fleksibilitas, tubuh yang ramping dan kencang juga akan didapat setelah rutin melakoni olahraga ini.

5. Mengangkat barbel

Kamu bisa melakukan olahraga ini di gym atau di rumah. Mudah saja, angkat barbel di kedua tangan. Satu mengarah ke tanah dan satu lagi melayang di atas kepala. Lakukan gerakan secara bersamaan dan secara bergantian. Olahraga ini terbukti bisa membentuk tubuh, meningkatkan daya tahan, serta membentuk otot.

Namun, harus berhati-hati saat melakukan olahraga ini, karena sedikit kesalahan akan mengakibatkan cidera otot hingga patah tulang. Tapi yang pasti olahraga ini mampu membakar lebih dari 700 kalori hanya dalam waktu 30 menit saja.

6. Spinning

Olahraga ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Tapi pastikan kamu sedang dalam kondisi prima sebelum menaiki sepeda untuk spinning. Pasalnya, meski terlihat sederhana, olahraga ini bisa jadi terasa begitu melelahkan. Gerakan yang intensif dan berulang-ulang membuat ratusan kalori terbakar dan menghasilkan keringat yang banyak pada tubuh.

7. Cross fit

Olahraga untuk membangun otot ini berbeda dengan aerobik. Meski semua gerakannya dilakukan berulang-ulang mulai dari berlari hingga melompat. Olahraga ini melibatkan seluruh bagian tubuh dan punya intensitas yang tinggi. Selain kalori yang terbakar cukup banyak, massa otot pun akan terbentuk secara bersamaan.

Olahraga ini biasanya dipraktekkan oleh tentara angkatan darat di Amerika Serikat. Hasilnya, menjalankan cross fit secara rutin selama 6 minggu akan berakibat pada kebugaran tubuh yang meningkat hingga 20%.

foto: crossfittrg.com.au/mykindoflife.com/huffingtonpost.com

(nab/rut)

Memilih Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Wanita silky

Review

Memilih Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Wanita

Summary: Memilih Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Wanita

5

Good

User Rating: 0 (0 votes)

Related Posts