Si Cantik Multitalenta Julie Andrews

Gemintang.com – Mungkin wajah aktris cantik asli Inggris ini tidak begitu familiar, namun kariernya di dunia pertunjukkan selama 50 tahun terakhir tidaklah sembarangan. Julie Andrews adalah aktris kelahiran Walton-on-Thames, Surrey, Inggris di Oktober 1935. Wanita ini bukan hanya seorang aktris layar lebar, namun juga seorang pemain teater, penyanyi, dan penulis buku.

Karier Julie Andrews melesat ketika ia membintangi Mary Poppins dan The Sound of Music. Bakatnya dibidang seni merupakan warisan  kedua orang tuanya, dimana ibunya seorang pianis dan ayah tirinya seorang penyanyi. Tidaklah mengherankan ketika ia debut dan memulai karier musikal di Inggris tahun 1940-an.

Talentanya membawa Julie Andrews ke Amerika di tahun 1950-an. Mulailah ia mengambil peran dalam film-film musikal seperti The Boyfriend, My Fair Lady, dan Camelot  yang membuatnya memenangkat Tony Awards dalam kategori aktris musikal. Namun, aktingnya dalam Mary Poppins-lah yang membuatnya memenangkan Academy Award. Kemudian ketika ia membintangi The Sound of Music, nama Andrews mulai tersohor ke seluruh penjuru dunia.

Karier wanita berzodiak Libra ini di dunia akting terus berlanjut di tahun 80-an. Namun di akhir 90-an, Andrews harus menghadapi kenyataan bahwa pita suaranya rusak akibat operasi. Ini membuat kariernya di Broadway berakhir, namun Andrews tetap berkarya di TV dan layar lebar.

Di awal tahun 2000, Andrews kembali menelurkan karya yang diakui dunia lewat aktingnya dalam Queen Elizabeth II. Ternyata elegansi dan kebangsawanan Andrews sangat melekat sampai-sampai ia diminta kembali menjadi ratu dalam Seri The Princess Diaries. Dalam dunia dubbing pun, Andrews menjadi pengisi suara Ratu Lilian dalam film Shrek yang kedua dan ketiga.

Ibu dua anak ini juga mulai menulis beberapa buku anak-anak sejak tahun 2000. Sudah 25 buku ia publikasikan yang genrenya berkisar pada cerita anak seperti Humpty Dumpty, Dragon: Hound and Honor, memoir dengan judul Home: A Memoar, buku nasihat, puisi dan lagu. Wah, bahkan di usianya yang tak lagi muda, Julie Andrews masih tak mau berhenti berkarya. Hebat, ya!

foto: stereoboard.com

(ldy/rut)

Related Posts