Stephen Hillenburg, Ahli Biota Laut yang Banting Stir Jadi Ilustrator

Gemintang.com – Pasti Sobat Gemintang sekalian sudah tidak asing lagi dengan ciri-ciri tokoh kartun yang satu ini; spons, kotak, kuning, dan bermata lentik. Ya, siapa lagi kalau bukan SpongeBob SquerePants! Spongebob SquerePants adalah salah satu karakter film kartun yang memiliki judul yang sama dengan namanya. Karakter ini cukup terkenal dan tidak hanya dinikmati oleh anak-anak saja, tak sedikit orang dewasa yang juga senang menyaksikan film kartun yang satu ini.

Tapi tahukah kamu sosok dibalik layar yang menciptakan karakter si kuning yang selalu ceria ini? Pencipta karakter Spongebob adalah Stephen Hillenburg. Stephen McDannel Hillenburg yang juga akrab disapa Stephen Hillenburg lahir pada tanggal 21 Agustus 1961. Selain seorang illustrator handal ternyata Hillenburg juga seorang pengisi suara aktor, penulis, produser dan seorang ahli biota laut, lho!

Sebelum menjadi seorang illustrator, Hillenburg adalah ahli biota laut di Orange Ounty Ocean Institute. Semangatnya di dunia animasi membuatnya meninggalkan pekerjaan sebagai ahli biota laut dan mulai menekuni pekerjaan sebagai illustrator. SpongeBob SquerePants adalah salah satu masterpiece yang diciptakan oleh Hillenburg. Selain Spongebob, ternyata Hillenburg juga sudah memiliki perusahaannya sendiri yang diberi nama United Plankton Pictures. Dia juga sempat menjadi penulis untuk Mother Goose and Grim, dan Rocko’s Modern Life.

Tidak hanya SpongeBob SquerePants the series saja yang laku dipasaran, ternyata SpongeBob SquerePants The Movie pun tak kalah saing. Hillenburg berhasil meraup lebih dari $140 juta dollar dari movie tersebut. Pria berzodiak Leo ini berani mengambil resiko untuk bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan keahliannya, tapi terbukti bahwa Hillenburg mampu menghasilkan lebih banyak uang dengan keputusannya untuk banting stir tersebut. Nah, jika Stephen Hillenburg saja bisa, Sobat Gemintang pun juga!

foto: lavanguardia.com

(tut/rut)

Related Posts