Si Juragan Facebook, Mark Zuckerberg Bertemu dengan Joko Widodo

Gemintang.com – Kedatangan Chief Executive Officer Facebook Inc Mark Zuckerberg ke Indonesia mendapat perhatian dari masyarakat di tanah air. Kedatangan Zuckerberg ini bertujuan mengampanyekan Internet.org, sebuah proyek yang membuat internet dapat diakses oleh dua per tiga penduduk dunia yang masih buta internet.

Indonesia menjadi negara kedua yang Zuckerberg kunjungi setelah India. Suami dari Pricilla Chan itu memulai kedatangannya dengan menginjakkan kaki di Yogyakarta, Jawa Tengah. Di kota gudeg, Zuckerberg berkunjung ke Candi Borobudur dan menikmati matahari terbit. Ia juga bermain ke Kampung Cyber – kampung melek internet, yang ada di Kampung Taman, Kelurahan Patehan, Kecamatan Keraton, Yogyakarta dengan ditemani Antonius Sasongko, pendiri Kampung Cyber.

Saat mengetahui bahwa warga Kampung Cyber sudah menggunakan Facebook sejak tahun 2008, pria kelahiran 14 Mei 1984 itu kaget bercampur senang. Zuckerberg semakin tercengang saat mengetahui makna dari lukisan dinding yang ada di Kampung Taman yang menggambarkan kegiatan warga yang sedang belajar komputer.

Kehadirannya ini tentu mendapat komentar oleh para pengguna Facebook. “Beuatiful place,” tulis pemilik akun bernama Anup Kayastha. Pengguna lain juga tak mau ketinggalan berkomentar, “Cieee, mas Zuckerberg trip to Jogja.” tulis akun Safitri Safeea.

Bertemu Joko Widodo

Dari Yogyakarta, Zuckerberg datang ke Jakarta untuk bertemu dengan presiden terpilih Joko Widodo. Jika sebelumnya pria berzodiak Taurus ini lebih suka menggunakan jaket bertopi alias hoodie dengan celana pendeknya, namun tak begitu saat bertemu Joko Widodo atau yang biasa disapa dengan Jokowi. Berbalut pakaian formal dan sepatu pantofel hitam yang mengilat, Jokowi dan Zuckerberg berbincang banyak hal, diantaranya penggunaan Facebook di Indonesia untuk kegiatan UKM.

“Tadi kami berbicara bagaimana memanfaatkan Facebook untuk berbicara dengan masyarakat,” ucap Jokowi seperti yang dikutip dari Tempo.co.

Zuckerberg mengaku sangat senang dan berterima kasih atas pertemuannya dengan Jokowi. Keduanya pun sempat blusukan sebentar ke Pasar Tanah Abang Blok A.

foto: lifenews.com/tempo.co

(rut/rut)

Related Posts