Komodo, Binatang Purba yang Istimewa

Gemintang.com – Hewan melata yang memiliki nama ilmiah Varanus komodoensis dianggap sebagai binatang purba terakhir yang hidup di bumi karena komodo berhasil melewati proses seleksi alam hingga bisa bertahan sampai saat ini.

Komodo-komodo ini hanya hidup di sebuah pulau di wilayah Nusa Tenggara Timur yang dinamai Pulau Komodo. Pulau tersebut menjadi satu-satunya habitat atau tempat tinggal para komodo sekaligus menjadi tempat konservasi binatang ini.

Komodo dikategorikan sebagai hewan langka karena keberadaannya yang kian hari kian berkurang jumlahnya. Kabar terakhir menyatakan bahwa jumlah komodo yang tersisa saat ini hanya sekitar 2.500 ekor. Pemerintah Indonesia berusaha sebaik mungkin untuk mempertahankan spesies kadal raksasa ini.

Saking langkanya komodo, pulau komodo yang merupakan tempat tinggal binatang ini pun sempat masuk kedalam nominasi New 7 Wonder of the World.

Salah satu keistimewaan komodo adalah kecepatannya saat berlari yang mencapai 20 km/jam! Hebatnya lagi mereka bukan hanya pelari tercepat, tapi juga perenang yang handal. Komodo mampu menyelam hingga mencapai kedalaman 4,5 meter dari permukaan laut serta mampu memanjat pohon.

Jadi jika kamu sampai jadi target makanan komodo maka tidak ada lagi tempat untuk bersembunyi! Selain itu, lidah komodo mengandung racun yang sangat mematikan. Ada begitu banyak bakteri serta racun yang dapat melumpuhkan si mangsa hanya dalam hitungan menit.

Karena ketika si mangsa sudah terkena gigitannya, bakteri dan racun tersebut akan segera menyerang sistem syarafnya. Hanya tinggal menunggu waktu hingga sang mangsa benar-benar tumbang.

Meskipun ganas, ternyata kadal raksasa ini binatang penyendiri lho, Sobat! Hanya pada musim kawin atau makan saja mereka akan berkumpul. Sisanya mereka memilih untuk sendirian. Bukan hanya langka, Komodo juga merupakan binatang yang istimewa.

Untuk itu, yuk sama-sama menjaga kelestariannya supaya 10, 50 atau 100 tahun kemudian hewan ini masih tetap bisa bertahan.

foto: animals.nationalgeographic.com

(tut/rut)

Related Posts