Walikota dan Wakil Walikota Bandung Terbaru, Ridwan-Oded

Photo by tajuk.co

Gemintang.com – Pemilihan Walikota Bandung yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2013 silam akhirnya membuahkan hasil. Perolehan suara sebanyak 45,24 persen dimiliki oleh pasangan Ridwan Kamil dan Oded M. Danial. Perolehan suara tertinggi berikutnya disusul oleh Edi Siswadi – Erwan Setiawan dengan perolehan suara sebanyak 17,67 persen, Ayi Vivananda – Nani Suryani dengan 15,16 persen, Wahyudin Karnadinata – Tonny Aprilani dengan 8,31 persen, MQ Iswara – Asep Dedy Ruyadi dengan 7,67 persen, Budi Setiawan – Rizal Firdaus 2,72 persen, Wawan Dewanta – M. Sayogodengan 1, 87 persen, dan Bambang Setiadi – Alex Tahsin Ibrahim dengan 1,37 persen.

Pasangan walikota dan wakil dengan nomor urut empat ini berhasil mengungguli setelah penetapan hasil dari rapat pleno yang diselenggarakan di Bandung Convention Center, Soekarno Hatta, pada hari Jumat, 28 Juni 2013. Sekretaris KPU Kota Bandung, Slamet Agus Priono mengumumkan tepat pada pukul 13:30 dengan rekapitulasi suara yang sudah ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU Kota Bandung, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), dan beberapa saksi yang hadir. Meskipun rapat sempat dihadiri terlambat oleh para saksi namun tidak mengurangi keabsahan hasil.

Meskipun sempat diwarnai dengan adanya beberapa orang dari LSM yang berunjuk rasa karena merasa pemilihan walikota (Pilwalkot) kali ini dianggap tidak jujur dan adil, atau tidak hadirnya para calon walikota lainnya, ataupun dari para timsukses, tidak serta merta membuat rapat pleno terganggu. Rapat tetap berjalan dan perhitungan perolehan suara tetap dilakukan sejak pukul 09:00 pagi.

Sementara itu, Ridwan Kamil dikenal sebagai Dosen Jurusan Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung. Aktifitas sosialnya meliputi :

  • Penggagas Taman Bermain dan Penanganan banjir melalui pembangunan sumur resepan di Kampung Babakan Asih, Kopo Bandung.
  • Penggagas Indonesia Berkebun.
  • Penggagas Bike Bandung, dimana sistem dari penyewaan sepeda ini dikelola oleh komunitas.
  • Penggagas Bandung Citizen Journal (Jurnalisme warga Bandung).
  • Penggagas Mesjid Merapi , dimana batako yang menjadi fondasi Mesjid ini dibuat dari debu letusan gunung merapi.
  • Penggagas Enerbike, penghasil energi yang ramah lingkungan

Sedang Oded M. Danial, dikenal sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung. Mang Oded pernah menjabat sebagai Ketua RW 01 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Beliau juga bertindak sebagai Pembina Majelis Taklim Al Ukhuwwah, Persaudaraan Seniman Bandung, dan juga anggota DPRD.

(mir/rut)

Related Posts