7 Rahasia Hidup Sang Aktor Penderita Parkinson

Gemintang.com – Apakah kamu pernah menonton trilogi Back To The Future  yang merupakan film fiksi ilmiah dan sempat terkenal di tahun 90-an? Film ini berhasil membesarkan nama Michael J. Fox dalam industri perfilman Amerika pada masa itu. Sayangnya, kehidupan Fox sempat hancur akibat kebiasaan minum minuman keras. Dan di balik kesuksesannya, Fox mendapat tantangan terbesar dalam hidup yaitu ketika dia diagnosa menderita penyakit Parkinson.

Penyakit ini mengubah hidupnya secara total dimana ia mendapat banyak pelajaran kehidupan yang sempat ia lupakan di masa kejayaannya. Parkinson yang ia derita malah membawanya menelurkan beberapa memoar best-seller dan sebuah acara inspirasi yang ditonton lebih dari 10,2 juta orang. Menurut Fox, inilah 7 rahasia kehidupan yang ia pelajari lewat penyakit Parkinson yang ia derita:

1. Jangan menjadi negatif

“Jangan habiskan waktumu untuk memikirkan skenario terburuk. Biasanya yang terjadi tidak akan seburuk yang kamu bayangkan. Kalaupun skenario terburuk itu ternyata kamu alami, kamu pasti akan dapat mengatasinya.”

Kadang kita terlalu terpaku dengan trauma atau kejadian buruk di masa lalu yang membuat kita tidak berani mengambil kesempatan yang ada. Oleh karena itu, cobalah berpikir positif dan menjadi pribadi yang optimis.

  2. Hidupi ‘saat ini’

Jika satu kakimu ada di masa lalu, dan yang satunya di masa depan, kamu akan melupakan hari ini.”

Kamu tidak akan benar-benar merasa bahagia bila dirimu terlalu terjebak dengan masa lalu atau terlalu memikirkan masa depan. Lebih baik menjalani saat ini dengan sebaik-baiknya sehingga kamu tidak akan menyesal di masa datang.

 3. Keluarga

Keluarga bukan hal yang penting, tapi segalanya.

Bagi Fox pengalamannya dengan Parkinson membuatnya lebih menghargai keluarga yang ia miliki, seorang istri dan 4 anak. Sangat penting untuk menjaga dan merawat keluarga atau orang terdekat yang kamu miliki karena merekalah yang akan bersama denganmu dalam situasi terburuk sekalipun.

 4. Pegang kendali hidupmu

Kebahagiaan adalah keputusan.

Dengan kondisi kesehatannya yang terus menurun, Fox memilih dan memutuskan untuk tetap berbahagia. Caranya mudah, fokuskan perhatianmu pada hal-hal yang positif. Cobalah mencari makna positif dari setiap hal yang terjadi.

 5. Hiraukan opini

“Apa yang orang pikirkan tentang saya bukan urusan saya.”

Cobalah berpikiran terbuka dimana semua orang bebas berpendapat tentang segala hal, tapi ini bukan berarti hal itu harus mempengaruhimu. Ketika kamu terlalu sibuk memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentangmu, waktu tidak akan menunggu kamu, melainkan tetap berjalan.

 6. Jangan menyerah

“Martabat seseorang bisa dihina, dilecehkan, dan diinjak-injak. Namun, martabat seseorang tidak akan bisa diambil, kecuali diserahkan dengan rela hati.”

Sama seperti rahasia sebelumnya, intinya adalah jangan biarkan apa yang dilakukan orang lain menghancurkanmu. Seberat apapun situasi yang kamu hadapi, pastikan bahwa kamu sadar kalau dirimu berharga dan berhak untuk menikmati kehidupan yang sudah Tuhan berikan.

 7. Semua orang itu pintar

“Dulu saya selalu merasa tertinggal dalam hal pelajaran, namun sekarang saya menyadari bahwa semua orang sama-sama belajar untuk hidup.”

Pada kenyataannya, entah dengan cara apa kita sebagai manusia pasti mendapatkan pelajaran tentang bagaimana hidup berjalan dan bagaimana kita harus hidup. Sekolah bukan satu-satunya sarana untuk mendapat pengetahuan, jadi semua orang bisa menjadi pintar dalam hidup dengan berbagai cara.

foto: telegraph.co.uk

(ldy/rut)

Related Posts