9 Cara Bahagia di Tempat Kerja

Gemintang.com – Tak dapat dipungkiri, rutinitas pekerjaan seringkali menimbulkan rasa bosan. Akibatnya, semangat kerja bisa berkurang dan pekerjaan pun terbengkalai. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu menjadi benci dengan pekerjaan yang sedang dijalani.

Demi bisa menghalau rasa bosan dan jenuh, sebaiknya lakukan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia ketika bekerja. Apa saja yang bisa kamu lakukan agar bisa bahagia di tempat kerja atau kantormu?

1. Buat tempat kerja yang senyaman mungkin

Cara paling mudah adalah menciptakan suasana dan kondisi yang nyaman di tempat kerja. Mulailah dengan menjaga kebersihan dan mengusahakan meja kerja yang selalu rapi. Siapkan segala perlengkapan yang kamu butuhkan selama bekerja, misalnya alat-alat tulis, perangkat kerja tertentu, dsb. Tidak ada salahnya menyiapkan camilan atau minuman ringan sebagai “teman” bekerja.

2. Jalin hubungan baik dengan teman-teman di kantor

Menciptakan suasana nyaman di tempat kerja pun bisa dilakukan dengan cara menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja. Jalin hubungan baik dengan atasan maupun teman-teman satu tim. Berusahalah jadi pribadi yang menyenangkan, ramah, dan ringan tangan.

3. Tinggalkan masalah pribadi di rumah

Rasa tidak bahagia saat bekerja bisa jadi muncul lantaran adanya masalah pribadi yang mengganggu pikiran. Sebaiknya, antara masalah pribadi dan pekerjaan di kantor tidak boleh saling memengaruhi. Ketika berangkat ke kantor, cobalah untuk meninggalkan sejenak masalah pribadimu.

4. Buat rencana kerja

Demi bisa maksimal bekerja, membuat rencana kerja sangat perlu dilakukan. Mulailah menyusun jadwal kerja atau to do list pada malam harinya. Tentukan apa saja yang harus dikerjakan esok hari dan pastikan untuk datang ke kantor lebih awal.

5. Fokuskan diri saat bekerja

Pekerjaan bisa berjalan sesuai rencana asalkan kamu bisa fokus selama bekerja. Jangan biarkan hal-hal di luar pekerjaan mendistraksi pikiranmu. Sejenak rehat untuk memeriksa aktivitas di lini masa atau merilekskan pikiran dengan melihat video lucu, tentu sah-sah saja. Namun, jangan sampai kegiatan-kegiatan tersebut mengganggu produktivitasmu.

6. Munculkan rasa tanggung jawab

Pekerjaan bisa dijalani dengan maksimal ketika kamu punya tanggung jawab terhadap pekerjaanmu sendiri. Rasa tanggung jawab akan mendorong kinerjamu menjadi lebih baik sehingga akan muncul rasa puas dalam diri sendiri.

7. Hindari pikiran negatif

Pikiran-pikiran negatif bisa saja muncul dan mengganggu kinerjamu. Merasa tidak cukup kompeten dengan pekerjaan yang sedang dijalani, menganggap diri sendiri tidak bisa maksimal bekerja, atau merasa tidak memberi kontribusi yang cukup bagi perkembangan perusahaan. Pikiran-pikiran semacam inilah yang sebaiknya dihindari agar semangat kerjamu tidak semakin kendur.

8. Munculkan komitmen terhadap pekerjaan

Agar bisa menjalani pekerjaan sehari-hari dengan bahagia, komitmen adalah salah satu modal utamanya. Saat kamu sudah punya komitmen yang kuat, segala kesulitan yang dihadapi dalam pekerjaan akan terasa sedikit lebih ringan.

9. Munculkan rasa cinta pada pekerjaan

Rasa cinta pada pekerjaan adalah faktor utama yang bisa membuatmu menjalani pekerjaan dengan bahagia. Pastikan bahwa pekerjaan yang saat ini sedang kamu jalani sudah sesuai dengan passion, minat, atau pun bakatmu. Ketika sudah bisa mencintai pekerjaanmu sendiri, maka hari-hari kerja bisa kamu jalani dengan bahagia.

foto: shutterstock

(nab/rut)

9 Cara Bahagia di Tempat Kerja silky

Review

9 Cara Bahagia di Tempat Kerja

Summary: 9 Cara Bahagia di Tempat Kerja

5

Good

User Rating: 4.8 (1 votes)

Related Posts