Bukan Saatnya Mengeluh

Gemintang.com – Pasti Sobat Gemintang pernah dong mengeluh saat berada dalam kondisi-kondisi tertentu? Pekerjaan menumpuk, aktivitas yang terlalu padat, cuaca yang tidak bersahabat dan banyak hal lain yang bisa dijadikan alasan untuk mengeluh. Tapi sadar gak sih Sobat, ternyata kebiasaan buruk yang satu ini bisa menjadi salah satu penghalang bagi kamu untuk meraih kesuksesan?

Faktanya, mengeluh adalah salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang. Jika kamu menginginkan kehidupan yang lebih baik, maka dirimu wajib menghapus kebiasaan buruk yang satu ini. Sekali kamu mengeluh maka kamu telah mengurangi kesempatan untuk selangkah lebih dekat dengan kesuksesan.

Kenapa begitu? Sekarang bayangkan dirimu sedang diberondong oleh setumpuk pekerjaan yang sangat banyak di kantor. Dibanding langsung mengerjakannya, kamu memilih untuk mengomel, menggerutu, dan mengeluh terlebih dahulu sebelum akhirnya mengerjakan tugas tersebut.

Contoh lain, seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, sibuk mengeluh mengenai skripsinya yang sangat sulit untuk diselesaikan, dosen pembimbing yang tidak bersahabat hingga teman-teman yang sudah wisuda lebih dulu yang membuatnya frustasi dan semakin malas menyelesaikan tugas akhirnya tersebut.

Sekarang perhatikan kedua contoh tersebut, waktu yang telah mereka buang-buang untuk mengeluh tadi sebenarnya sangat cukup jika digunakan untuk menyelesaikan semua tugas atau skripsi mereka agar selesai dengan lebih cepat dan tepat waktu. Tapi mereka memilih untuk mengeluhkan masalah tersebut hingga akhirnya tugas dan skripsinya tidak selesai.

Saat orang lain dipuji karena kinerjanya di kantor sangat baik, kamu justru dimarahi atasan karena tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. Saat orang lain bisa membanggakan kedua orangtuanya dengan diwisuda tepat waktu, kamu hanya bisa gigit jari.

Jadi bagaimana, Sobat Gemintang? Masih mau mengeluh? Ini bukan lagi saatnya mengeluh! Ingat, sekali kamu mengeluh maka kamu telah mengurangi kesempatanmu untuk selangkah lebih dekat dengan kesuksesan.

foto: google

(tut/rut)

Related Posts