Cara Sederhana Tingkatkan Karier

Gemintang.com – Saat suatu pencapaian telah berhasil didapat, biasanya akan ada pencapaian lain yang menunggu untuk diraih. Hal ini berlaku di berbagai aspek kehidupan, termasuk soal karier. Sebenarnya tidak perlu cara rumit agar karier di tempat kerja bisa melesat naik dengan cepat, cara-cara sederhana berikut bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kariermu, Sobat Gemintang.

1. Bersikap baik

Apapun kondisi dan situasi di kantor tetaplah bersikap baik, entah itu terhadap atasan, bawahan, atau rekan sekerja. Tentu saja sikap baik di sini adalah sikap baik yang benar-benar tulus keluar dari hatimu, bukan bersikap baik untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Tahan segala amarah dan cobalah untuk senantisa tenang. Serta, jangan lupa untuk selalu menjadi pihak yang netral atas setiap masalah yang terjadi di kantor. Dengan begini, citra baik kamu akan terbentuk secara alami.

2. Hargai kerja keras orang lain

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih saat atasan atau rekanmu selesai memberikan bimbingan kepada kamu mengenai pekerjaan baru yang akan kamu kerjakan. Jangan segan meminta maaf jika kamu melakukan kesalahan. Jangan malu untuk bertanya jika memang kamu tidak tahu atau belum mengerti.

Dan yang tak kalah penting dari itu, jangan lupa hargai kerja keras orang lain. Hal ini memang terlihat sepele tapi sebenarnya hal ini akan menunjukkan etikamu dalam bekerja.

3. Bangun dan pertahankan relasi yang kuat

Baik dalam lingkungan internal maupun eksternal kantor, jangan takut untuk membangun dan mempertahankan relasi yang kuat. Relasi yang kuat seringkali menjadi penopang kamu dalam karier, ia juga bisa menjadi sekutu yang baik saat masalah datang dalam kehidupan kariermu.

4. Pelajari teknik-teknik ampuh saat bekerja

Pegawai yang memunyai keterampilan mumpuni memang menjadi kesenangan si bos. Tapi jangan putus asa jika kamu tidak begitu terampil dalam pekerjaanmu. Yang perlu kamu lakukan adalah belajar, belajar, belajar dan mempraktekkannya.

Tingkatkan teknik-teknik dalam bekerja, seperti bagaimana membuat presentasi yang baik, bagaimana berbicara dengan benar kepada atasan, hingga bagaimana menyampaikan pendapat, baik kepada si boss maupun rekan kerja.

5. Kenali perusahaan tempat Anda bekerja

Mengenali seperti apa perusahaan tempatmu bekerja memang merupakan kewajiban setiap pegawai. Namun hal tersebut sebenarnya lebih dari sekedar kewajiban, karena jika kamu sudah benar-benar mengenalinya otomatis kamu akan dijadikan pusat tempat bertanya dan pembimbing untuk rekan-rekan lainnya yang akan berimbas pada penunjangan kariermu tentunya.

6. Kenali atasan Anda, bukan menjilatnya

Pahami karakter atasanmu dan cara kerjanya. Apakah atasan kamu merupakan orang yang senang melihat pegawainya berusaha terlebih dahulu sebelum bertanya? Saat kamu telah mengenali dua hal tersebut akan mudah bagimu untuk melebarkan sayap dalam perjalanan kariermu.

foto: newmoney.gr

(ysf/rut)

Related Posts