Liburan Sambil Belajar Bersama Anak

Gemintang.com – Ada begitu banyak tempat liburan yang dapat kamu kunjungi untuk berlibur bersama buah hati terkasih. Tapi akan lebih baik lagi jika kamu dapat memilih tempat-tempat liburan yang sekaligus dapat menjadi sarana edukasi bagi si anak.

Nah, Gemintang punya tempat-tempat refrensi yang menarik nih untuk kamu datangi bersama anak dan keluarga. Yuk, kita tengok tempat-tempat apa sajakah itu.

Taman Botani

Berliburan ke taman botani bersama anak merupakan kesempatan yang bagus untukmu menghabiskan waktu luang bersama anak-anak tercinta. Di tempat ini anak-anak dapat belajar tentang beragam jenis tumbuhan dan mengetahui bagaimana cara mereka tumbuh. Menarik, bukan?

Plant Nursery

Selain taman botani, tempat menarik sekaligus edukatif yang dapat kamu kunjungi bersama anak adalah plant nursery. Ditempat ini anak-anak diberitahu sekaligus diajarkan tentang bagaimana cara mereka menanam tumbuhan, persediaan apa saja yang mereka perlu dan seberapa anggaran yang harus mereka keluarkan. Wow, tampaknya sangat menarik dan seru!

Perpustakaan Umum

Ayo ajarkan anak-anak untuk mencintai buku dan perpustakaan. Perpustakaan bukan hanya ditujukan untuk orang-orang dewasa saja, namun juga anak-anak. Dewasa ini, sudah banyak perpustakaan umum yang modern dengan fasilitas yang nyaman tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Kebun Binatang

Selain hemat, liburan ke tempat yang satu ini membuat si anak dapat mengenal banyak satwa-satwa yang ada di bumi. Jadi, ayo ajak anakmu untuk menuliskan apa saja binatang yang telah ia lihat serta jangan lupa mengabadikan momen tersebut ke dalam sebuah gambar. Ketika sudah sampai di rumah, ajak si anak mengulas kembali apa yang telah ia lihat dan jumpai di kebun binatang.

Pabrik Lokal

Sekarang ini ada banyak pabrik lokal yang menginzinkan para pengunjungnya untuk melihat dan mengamati proses pengerjaan barang yang pabrik tersebut produksi. Misalnya, kamu mengajak anak dan keluargamu ke sebuah pabrik pembuatan permen, maka di sana anak akan melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan permen tersebur dari awal hingga akhir dan belajar sesuatu yang sebelumnya belum ia ketahui. Hm, seru bukan?

Museum

Tempat ini nampaknya tak asing bagi kita semua. Ya, selain murah, museum menjadi tempat alternatif berlibur keluarga. Yuk pelajari benda-benda bersejarah maupun peninggalan-peninggalan purbakala yan ada di dalamnya. Berkunjung ke museum mengajarkan anak untuk selalu ingat tentang sejarah bangsa maupun hal-hal terdahulunya.

Supermarket

Tentu kamu sering berkunjung ke tempat ini, bukan? Kalau begitu, kenapa tidak memanfaatkan supermarket sebagai arena berlibur bersama anak tersayang? Buat pengalaman yang seru saat dirimu dan anak berkunjung ke tempat ini.

Ketika kamu melakukan aktivitas berbelanja, sertakan si kecil dengan list miliknya, kumpulkan kupon-kupon belanja dan ajarkan anak membuat estimasi anggaran belanja bagi dirinya sendiri. Selain itu ajarkan juga anakmu tentang produk-produk makanan maupun minuman sehat. Ini sudah pasti sangat menyenangkan!

foto: grouptravelsupport.com

(asa/rut)

Related Posts