Membangun Rasa Percaya Atasan

Boss-and-employee-2

Gemintang.com – Rasa percaya perlu tertanam dalam berbagai aspek hidup khususnya di dunia kerja. Ketika atasan memberikan sebuah tugas kepadamu, itu berarti ia memercayakan sebuah tanggung jawab dan menyimpan harapan agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan itu sebaik mungkin.

Tapi, tidak semua karyawan dapat dengan mudah mendapatkan rasa percaya atasan. Padahal, mendapatkan kepercayaan atasan merupakan sebuah prestasi tersendiri dan hal ini sebenarnya bisa kamu gunakan sebagai modal untuk meningkatkan kinerja kerja di hadapan atasan.

Bagaimana sih membangun rasa percaya atasan pada karyawannya? Ini dia…

1. Menunjukkan prestasi

Ingin mendapatkan rasa percaya atasan? Caranya mudah. Buatlah prestasi baik dalam bekerja! Saat kamu membangun prestasi kerja yang baik, disadari atau tidak, atasanmu pun sedang membangun rasa percayanya terhadapmu. Jadi jangan heran jika prestasi kerja sering dijadikan tolok ukur.

2. Membina hubungan dengan baik

Binalah hubungan baik dengan atasan dan pegawai lainnya di tempat kerja. Hubungan yang baik dengan atasan dan sesama pegawai akan memudahkanmu dalam menjalankan setiap tugas dan juga saat bekerja dalam tim.

Jadi, ketika kamu mendengar kabar tak sedap yang membicarakan pegawai atau atasan, sebaiknya kamu tidak menanggapinya. Ingat, perilaku dalam bekerja sejatinya sering diperhatikan oleh setiap atasan. Ciptakan hubungan dan perilakumu yang baik saat di kantor.

3. Menjadi teman diskusi

Tidak cukup dengan prestasi kerja dan hubungan yang telah kamu bina dengan baik, kamu pun perlu menjadi sosok rekan kerja yang mampu diajak berdiskusi. Apalagi jika kamu mampu bersikap netral saat diskusi kerja sedang berjalan maupun saat diskusi tersebut selesai.

4. Menerima keadaan atasan apa adanya

Perlu diingat, atasanmu juga memiliki tanggung jawab pribadi dengan jabatannya yang terkadang membuat emosi naik-turun. Ketika emosi atasanmu sedang tidak menentu seperti itu, maka bisa jadi orang sekitarnya jadi korban, mungkin termasuk juga kamu.

Jadi, cobalah untuk tetap berdamai ketika diperhadapkan dalam situasi dan kondisi seperti itu dan jangan ikut terbawa emosi. Tindakan kamu yang seperti itu akan membangun rasa percaya atasan terhadap dirimu sendiri.

5. Menjadi diri sendiri

Langkah berikut adalah langkah yang bisa berlaku dalam segala bidang. Tetaplah menjadi diri sendiri dalam rutinitas kerjamu yang akan membuat atasan berpikir bahwa kamu memang berdedikasi tinggi dengan pekerjaan dan tidak berusaha menjadi orang lain agar bisa diterima.

Dengan sikap tersebut, tidak hanya atasan yang bisa merasakan rasa nyaman ketika bersamamu tetapi juga rekan kerja lainnya.

foto: wisegeek.com

(ldy/rut)

Related Posts